KampusMedan – Medan, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mendukung Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumut bersama Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) melalui program Citradaya Nita menggelar workshop jurnalistik bertema Penguatan Kapasitas Jurnalis dalam Memberitakan Kasus Perempuan Ibu Rumah Tangga dengan HIV AIDS. Kegiatan digelar di Grha XL Medan Jalan Diponegoro No. 5 Medan. Kamis (23/1).

“Kegiatan workshop yang diikuti anggota FJPI Sumut ini kita gelar bersama dengan PPMN melalui program Citradaya Nita. Tema ini kita pilih karena menyadari kalau masih sangat banyak pemberitaan mengenai HIV AIDS yang ditulis jurnalis justru menguatkan stigma negatif terhadap ODHA, apalagi terkait kasus perempuan dengan HIV AIDS,” ujar Ketua FJPI Sumut, Lia Anggia Nasution.

Oleh karena itu, peningkatan kapasitas jurnalis dalam pemberitaan tentang perempuan dan HIV AIDS harus dilakukan, agar ke depan jurnalis dapat menuliskan pemberitaan HIV AIDS tidak semata bernada bombastis tapi juga dapat menulis dengan perspektif jurnalistik empati, serta memberikan solusi sehingga angka pengidap HIV AIDS dapat ditekan. “Kita sangat mengapresiasi Sekjen FJPI, Khairiah Lubis yang telah meraih beasiswa dalam program Citradaya Nita, sehingga workshop ini bisa terselenggara bekerjasama dengan PPMN,” ujar Anggia.

Hadir dalam kesempatan tersebut Head of Sales Greater Medan XL Axiata, Horas Lubis, serta para narasumber; Kasi Pencegahan Penyakit Menular Langsung Dinas Kesehatan Sumut, DR. Yulia Maryani, Aktivis perempuan dari Hapsari, Lely Zailani, Pendukung Sebaya Medan Plus, Afnita Yohana, Sekjen FJPI, Khairiah Lubis dan jurnalis pemerhati HIV, Syaiful W Harahap yang langsung bergabung dari Jakarta melalui saluran teleconference.

Head of Sales Greater Medan XL Axiata, Horas Lubis mengatakan bahwa kegiatan pelatihan seperti ini sangat bagus sehingga masyarakat akan teredukasi dan semakin memahami mengenai HIV AIDS. “Kami sangat mengapresasi kegiatan ini. Sebab selama ini banyak masyarakat yang belum memahami dan mengenal HIV AIDS seperti bagiamana penyebarannya dan lainnya. Mudah-mudahan tujuan dari kegiatan ini untuk lebih menyosialisasikan tentang pemberitaan yang baik terhadap permasalahan HIV AIDS dapat
dicapai”.

Sekjen FJPI, Khairiah Lubis mengatakan tingginya angka perempuan khususnya Ibu Rumah Tangga yang terdampak ODHA di Sumut membuat dirinya mengikuti program beasiswa kepemimpinan untuk jurnalis perempuan dari PPMN. Citradaya Nita adalah program dari PPMN yang bertujuan untuk pengembangan komunitas perempuan. “Untuk tahun ini ada 10 jurnalis yang meraih program beasiswa Citradaya Nita yakni Medan, Aceh, Bengkulu, Palu, Pontianak, Yogyakarta, Solo, Jombang, Flores dan Bali,” terang Khairiah.(REL/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.