KampusMedan – Medan, Sebagai sebuah perguruan tinggi yang punya reputasi baik dan salah satu aset di Kota Medan ini, adek-adek mahasiswa yang akan jadi duta Sumatera Utara melalui student exchange di berbagai perguruan tinggi ternama di Taiwan dan Malaysia, diharapkan membawa nama baik Kota Medan dan ceritrakanlah yang baik mengenai Kota Medan.

Hal itu ditegaskan oleh Wakil Walikota Medan Ir. Akhyar Nasution saat melepas peserta Student Exchange mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan berjumlah 33 orang di Kantor Walikota Medan, Rabu, (14/08/2019). Dalam arahahnnya, Wakil Walikota Medan mengatakan mahasiswa adalah aset bangsa dan harus punya sikap dan karakter yang baik.

“Sebagai orang tua, saya harapkan satu hal yang perlu kita jadikan sebagai pedoman bersama dan sifatnya adalah universal, mari kita bangun budaya tertib sebagai sebuah budaya kita. Tertib sosial, tertib lingkungan, dan tertib berlalu lintas misalnya adalah ciri khas yang ingin kita bangun di Kota Medan ini”, tegas Ir. Akhyar Nasution lagi.

Menurutnya, banyak orang pintar, tetapi tidak punya budaya tertib. “Ini tidak boleh dicontoh oleh adek-adek karena adek-adek mahasiswa yang akan mengikuti student exchange di luar negeri adalah duta Kota Medan, harus menjaga nama baik Kota Medan. Ceritakanlah kebaikan Kota Medan ini dan tunjukkan diri anda sebagai orang yang berkarakter untuk nama baik Kota Medan ini. Harapan saya, semua anda bisa sukses dan bisa menimba ilmu pengetahuan di negeri orabng agar kelak bisa kembali untuk membangun negara ini. Dengan mengucap nama Allah Swt, saya lepaskan dengan bangga adek-adek mahasiswa UHN untuk mengikuti student exchange ke Taiwan dan Malaysia”,tegas Wakil Walikota Medan ini lagi.

Sementara Rektor UHN Medan Dr. Haposan Siallagan SH MH, didampingi oleh Kepala Lembaga Urusan Internasional (LUI) UHN Medan Dr. Mula Sigiro MSi PhD, mengatakan program student exchange ini adalah program rutin UHN Medan dalam rangka mendorong inovasi di UHN Medan. “Ssebagai tanggung jawab kami menghadapi tantangan di era disruptif atau industri 4.0 saat ini. Saat ini UHN Medan akan berupaya secara kelembagaan untuk menjadikan UHN Medan bermain dalam skala global. Sementara Samse Pandiangan, M.sc, PhD Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama mengatakan tujuan student exchange ini adalah National Tsing Hua University (NTHU), National Dong Hwa University (NDHU), Asia University (AU), Providence University (PU), National Central University (NCU)”,tegasnya.

Dengan adanya Student exchange ini bisa membuka peluang kepada anak-anak muda di Sumatera Utara bahwa untuk bisa ke luar negeri bukan hal sulit lagi. Butuh kerja keras dan kemauan yang baik sebagai modal utama. Kita UHN Medan kedepan akan semakin siap memfasilitasi anak-anak muda yang mau studi banding ke luar negeri, tegas Rektor UHN Medan. Pelepasan mahasiswa UHN Medan yang mengikuti Student exhcnage ini juga dihadiri oleh beebrapa pejabat teras Kota Medan. Hadir Hanna Lore Simanjuntak Kadis Tenaga Kerja, ada juga Drs. Renward Parapat, Asisten Umum Pemko Medan.(REL/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.