KampusMedan – Medan, Untuk lebih memahami mata kuliah Sistem Informasi Manajemen (SIM) dengan cara fun, mahasiswa Program Studi Manajemen Semester IV pagi dan malam yang mengikuti mata kuliah yang diasuh Mangasi Butarbutar SE MM ditugaskan membut Vlog dengan tema “Pentingnya SIM Bagi Organisasi/Perusahaan”.

Dari hampir 40 vlog yang masuk, Vlog Vincent dkk dari Semester IV Malam J (Vincent, Jesson, Novia, Verren dan Sonia Suryanti) menjadi vlog terbaik tahun 2018. Narasi yang original dari cerita konkrit sebuah lembaga pendidikan yang membutuhkan SIM, diangkat melalui penjelasan gamblang dan wawancara cukup menarik dan tidak kaku, pesan yang disampaikan juga tercapai atau tepat sasaran, menjadi nilai plus dari vlog yang disajikan.

Pada vlog yang dapat disaksikan di Youtube pada Channel Mangasi Butarbutar https://www.youtube.com/watch?v=gknZmcg6t30&t=135s, menurut sang pewawancara yaitu Sonia Suryanti, ide jalan cerita mereka diskusikan bersama-sama, lalu masing-masing tokoh mengambil peran dan menghafal tentang pentingnya SIM. Tak ayal, vlog ini pun memperoleh view terbanyak di Youtube hingga saat ini.

Jesson, Vincent, Novia, Verren dan Sonia pun memberikan testimoni tentang berkesannya proses pembuatan vlog mereka.Menurut Jesson, dia dan teman-temannya sangat senang mengerjakan tugas tersebut; “Kesan saya buat ngevlog senang banget, karena bisa memberikan informasi dan melatih skill diri kita masing-masing. Selain memberikan informasi yang belum diketahui, penonton kita juga bsa memanfaakan sosmed dengan hal yang baik positif dan berguna”,ujar Jesson.

Sementara itu Vincent menjelaskan, dalam membuat video tugas SIM tersebut dirinya sangat senang karena mampu melatih kepercayaan diri kita dalam berbicara, belajar bahwa SIM itu sangat penting. “Lalu kebersamaan dan ide-ide yang kita rancang sedemikian rupa dalam membahas video tersebut agar menarik jadi terwujud. Butuh kerjasama untuk hal ini.Terimakasih atas kerjasama dengan teman-teman yang lain”,paparnya.

Novia juga tidak mau ketinggalan. Ia merasa sangat senang dengan tugas Vlog. “Senang membuat tugas dengan model baru, sekaligus dapat pengalaman baru membuat vlog, melatih keberanian untuk berbicara di depan kamera, juga melatih dan menggali kreativitas yang kami miliki”,tegasnya.

Sonia sang pewawancara mengatakan sangat beruntung dapat kesempatan memberikan karya meskipun masih sederhana tentang SIM dalam sebuah vlog. “Dimana mulai dari proses pembuatan video sampai ke tahap penampilan/rekaman menjadi pengalaman yang sangat menarik, dan berharap teman-teman yang mengkliknya semakin memahami apa itu SIM”,ujarnya.

Verren Karlina mengatakan hal senada. “Saya senang dan bersemangat membuat vlog tugas SIM ini. Teman satu kelompok bersemangat dan terlatih membuat vlog ini. Terimakasih kepada Bapak Mangasi Butarbutar yang sudah memberi kami kesempatan dan menugaskan pembuatan vlog ini, juga terimakasih kepada teman-teman yang sudah menyatukan ide kreatif sehingga tercipta vlog ini dengan baik”,pungkasdnya.

Mewakili mahasiswa kelas pagi, Edo dari Semester IV Pagi G, mengatakan bahwa proses pembuatan vlog nya mereka butuh waktu lama untuk memutuskan jalan ceritanya. “Tugas ini menarik dan menjadi tantangan baru, karena belum pernah ada tugas seperti ini. Proses pembuatannya berulang-ulang, karena sering salah, ketawa-ketawa, ada juga kelompok lain jahil dan mengganggu. Tapi secara keseluruhan menarik”,tambahnya.

Koko Mariani Harianja, Komisaris Semester IV Malam J mengatakan hal serupa soal waktu pembuatan vlog yang agak terlambat, karena diskusi menyatukan ide jalan cerita, tempatnya dimana. “Tarik menarik soal jalan cerita yang membuat lama. Sebagian bilang harus begini, sebagian bilang tak bagus. Akhirnya disepakatilah jalan ceritanya, baru proses perekaman videonya. Di proses perekaman ini, inilah juga yang lama, karena tidak terbiasa dishooting istilahnya jadi grogi, ketawa, tak pede. Syukurlah akhirnya tuntas”,jelasnya.(RED/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.