KampusMedan – Jakarta, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan ujian Nasional (UN) akan tetap digelar pada 2021. Namun, konsepnya akan dibuat berbeda. UN akan dievaluasi, Kemendikbud juga akan mengevaluasi tata kelola pendidikan tersebut. Nilai UN juga nantinya tidak menjadi syarat mutlak kelulusan.

“UN tetap ada, tapi tidak pada mapel (mata pelajaran) tertentu,” ujar Plt Irjen Kemendikbud Chatarina Muliana Girsang dalam webinar Crosscheck Medcom.id, Minggu, 28 Juni 2020 malam.Chatarina menjelaskan mata pelajaran untuk UN selama ini cenderung fokus pada sains. Sehingga, banyak yang sulit meraih nilai tinggi karena di luar bakat sebagian anak-anak.

Kemendikbud, lanjut Chatarina akan mengevaluasi tata kelola pendidikan tersebut. Nilai UN juga nantinya tidak menjadi syarat mutlak kelulusan.”Ini rencananya tahun depan, sedang disusun,” kata dia.Catharina menegaskan peniadaan UN pada tahun ini murni karena pandemi covid-19, bukan program keberlanjutan dari Kemendikbud. “Tahun depan (mulai dijalankan)”,pungkasnya.(DTC/BS/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.