KampusMedan – Medan, Merupakan tanggung jawab kami dalam mendukung pembangunan bebas polusi, sebagai sebuah perguruan tinggi yang sangat peduli dengan konsep pembangunan Sumut yang bebas polusi.

Hal itu ditegaskan oleh Rektor UHN Medan Dr. Haposan Siallagan SH MH melalui WR I Dr. Richard Napitupulu ST MT, saat acara launching Sibandang Green Island di kantor PLN Wilayah Sumut, Jumat(5/07/2019). Rektor UHN Medan pakar Hukum Tata Negara ini kembali menegaskan, UHN Medan akan terlibat langsung dalam mendesain pembangunan bebas polusi dengan memebrikan kontribusi besar melalui implementasi tridarma perguruan tinggi yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat.

Wakil Rektor I UHN didampingi Dosen pembimbing Becak Listrik (belist) Ir. Parulian Siagian MT, Libianko Sianturi ST MT, mengatakan Pulau Sibandang merupakan paket lengkap sebagai salah satu destinasi terbaik di kawasan Danau Toba. Garis pertemuan antara perairan dan daratan berupa bebatuan atau non pasir. Pantainya pun berhadapan langsung dengan Tarabunga, Sigaol, Bakkara, Muara, Nainggolan Pulau Samosir dan Dolok Tolong Toba Samosir. Keindahan Pulau Sibandang semakin indah dan mempesona saat deburan ombak datang. Bahkan bisa tetap kita nikmati saat malam hari. P Sibandang memiliki luas 700 ha, 3 Desa dengan jumlah penghuni 2054 jiwa dan telah dihuni kurang lebih 200 tahun yg lewat.

Masih menurut Ir. Parulian Siagian MT, PT PLN Salah satu BUMN yang berkontribusi menyediakan Energi Listrik untuk masyarakat Indonesia saat ini, sedang mengarah kepada pemanfaatan Energi listrik yang bebas polusi dan sebagai sumber energi non Fosil yang sdh semakin habis. Univ HKBP Nommensen Medan salah satu Univ swasta terbesar dan tertua (1954) di luar Pulau Jawa, saat ini terus berbenah khususnya bagian produk inovasi yang berkontribusi langsung ke masyarakat banyak melalui kerja sama dalam dan
luar negeri.

Salah satu kerja sama UHN dgn PT. PLN terwujud dan sedang berjalan yaitu pembuatan Becak Listrik (Generasi I) hemat energi dan bebas polusi. Tgl 5 Juli 2019, PT.PLN melakukan Peletakan Batu Pertama dan Peresmian Sibandang Green Island Pulau Wisata Bebas Polusi. Becak Listrik hemat energi salah satu produk yang ikut dalam sosialisasi penggunaan Energi listrik selain produk lainnya seperti kompor induksi hadir di Pulau Sibandang.

Diharapkan kedepan, semua kebutuhan Energi tidak lagi menggunakan Energi Fosil dimulai di Pulau Sibandang ini suatu saat daerah ini bebas polusi dengan salah satu transportasi Becak Listrik buatan FT UHN, telah berkontribusi dari yang kecil menuju yang lebih besar. Acara ini dihadiri oleh 3 institusi yang bekerja sama antara lain Wakil Gubernur Sumatera Utara Drs. H Musa Rajashek MHum, GM. PT.PLN Wil Sumut Febi Joko P, dan mewakili Pimpinan UHN, Dr. Richard Napitupulu STMT.

Ir. Parulian Siagian MT kembali menegaskan bahwa Pilot Projek ini akan terus dikawal dengan baik sehingga masyarakat bisa bersahabat dengan Energi Listrik khususya di SUMUT, dimana tersedia energi listrik yang sangat besar sekitar 29juta VA.(REL/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.