KampusMedan – Medan, Penyebaran virus corona atau Covid-19 yang semakin mewabah menjadi perhatian serius bagi Universitas HKBP Nommensen Medan (UHN Medan). Ditengah langkanya ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tim medis, UHN gerak cepat melakukan aksi sosial untuk memutus penyebaran mata rantai virus Covid-19 dengan kembali menyerahkan Bantuan Tahap II kepada beberapa Rumah Sakit dan Puskesmas di Kota Medan maupun diluar Kota Medan, Kamis (9/04/2020).

Penyerahan APD Tahap II tersebut dilakukan oleh Rektor UHN, Dr. Haposan Siallagan SH MH, didampingi WR I Dr. Richard AM Napitupulu ST MT, WR II Drs. Rusliaman Siahaan SE MM, WR III Dr. Ir. Sindak Hutauruk MSEE, dan WR IV Drs. Samse Pandiangan MSc PhD, Ketua LPPM UHN Dr. Janpatar Simamora SH MH, Direktur Pascasarjana Dr. Pantas H. Silaban SE MBA, Ketua Tim Aksi Tanggap Covid-19 dr.Novita Hasiani Simanjuntak MARS. Turut hadir perwakilan dari Pengurus Yayasan Bapak Kombes Pol (Purn) Dr. Maruli Siahaan SH MH.

Rektor UHN, Dr. Haposan Siallagan SH MH mengatakan, penyerahan APD ini merupakan bentuk keperdulian UHN kepada tim medis yang menjadi garda terdepan dalam menangani penyebaran Covid-19 ini. “Jadi UHN Medan tetap berusaha untuk dapat memberikan kontribusi berupa APD serta makanan sehat untuk asupan gizi para tim medis sebagai pahlawan garda terdepan yang menangani pasien-pasien Covid-19. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Para Dosen, Pegawai, Mahasiswa, Para Alumni UHN, serta Para Pengusaha yang sudah ikut berpartisipasi dalam memberikan dukungan dana. Saya juga mengajak seluruh masyarakat agar menjadi perpanjangan tali kasih kami dalam memberikan dukungan dana serta mendukung upaya pemerintah dalam meminimalisir penyebaran covid-19 ini,” ucapnya.

Pihaknya juga sudah mengirimkan perwakilan untuk mengantar APD yang akan diserahkan untuk Rumah Sakit rujukan yang berada di luar Kota Medan seperti RS Umum Balige. Adapun Rumah Sakit dan Puskesmas yang menerima bantuan kali ini yaitu RS Umum Balige, RS Bhayangkara Medan, Puskesmas Medan Sunggal, Puskesmas Medan Deli, Puskesmas Belawan, Puskesmas Namorambe dan Puskesmas Tuntungan Pancur Batu. Bantuan Tahap II yang diberikan adalah Masker N95 (7 box), Masker Bedah (68 box), Baju Pelindung (70 pcs), Sarung Tangan/ Handscoen (30 box), Kacamata Pelindung/Goggles (70 pcs), Penutup Wajah/Face Shield (70 pcs), Penutup Kepala/Nurse Cap (10 box), dan minuman dan makanan (15 kotak).

Sebelumnya pada bantuan tahap I, UHN Medan telah memberikan Masker Bedah (48 box), Sarung Tangan/ Handscoen (25 box), Kacamata Pelindung/Goggles (24 pcs), dan Penutup Kepala/Nurse Cap (8 box). Rumah Sakit yang menerima bantuan seperti RS Murni Teguh Medan, RSD Lubuk Pakam Deli Serdang dan Puskesmas Sentosa Baru, Jumat (3/04/2020).

“Rasa ucapan terimakasih kami sebagai pertugas kesehatan tidak bisa dikatakan karena saat ini bagi kami bukan seberapa besar dan berapa banyaknya yang diberikan tetapi perhatian dan kepedulian dari UHN kepada kami sangat berharga disaat situasi pandemik Covid-19 saat ini. Mungkin kami tidak bisa membalas tapi biarlah Tuhan yang membalasnya nanti,” ucap syukur Kompol dr. Evi Melvi Manurung selaku Pelaksana Tugas RS Bhayangkara Medan.

Hasil dari penggalangan dana ini secara terbuka dan up to date serta dapat diakses melalui website khusus https://tanggapcovid19.uhn.ac.id/ dan website UHN https://uhn.ac.id/.(REL/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.