KampusMedan – Medan, Bertempat di Ruang Dr. Justin Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan, UHN Medan menjalin MoU dengan Departemen Marturia HKBP yang langsung ditandatangi oleh Rektor UHN Dr. Haposan Siallagan SH MH dan Kepala Departemen Marturia HKBP Pdt. Dr. Anna Vera Pangaribuan. Turut hadir dalam penandatanganan MoU ini Komisi Akademik Yayasan UHN Prof. Dr. Bilter A.Sirait dan Dra. Pinondang Nababan MM, Jumat (15/06/2019).

Dalam sambutannya, Rektor UHN menegaskan UHN sebagai milik HKBP akan memberikan yang terbaik bagi HKBP. “Kami sebagai institusi pendidikan akan berupaya membantu HKBP dalam pelayananya seperti visi marturia HKBP. Saat ini pelayanan dalam bidang marturia salah satu ujung tombak di HKBP agar bisa bermanfaat untuk jemaat HKBP. Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan departemen Marturia HKBP ini, dan nantinya MoA nya akan dilakukan oleh Fakultas Bahasa dan seni karena di FBS kita punya
musik gereja”, tegas Rektor lagi.

Sementara Dekan FBS UHN Medan Dr. Junita Batubara PhD dalam sambutannya mengatakan, tujuan prodi Seni Musik FBS UHN hendaknya dapat dijadikan wadah bagi pengembangan musik sebagai sarana ibadah. Itulah sebabnya sejak awal berdirinya, prodi seni musik memiliki 4 konsentrasi dan salah satunya adalah konsentrasi musik gerejawi, selain musikologi, kesenimanan dan komposisi. “UHN menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi di Sumatra yang mengelola Prodi Seni Musik dengan konsentrasi musik gerejawi
hingga saat ini. 32 tahun sdh berlalu, baru sekarang lah niat mulia pendiri FBS itu mencapai bentuk. Menjadikan Prodi Seni Musik sebagai wadah pengembangan musik dalam sarana ibadah”,ujarnya.

Dr. Junita juga mengatakan, Better late than never, hanya itu yg bisa kita ucapkan daripada menyesali waktu yg berlalu. “Terimakasih kepada Ibu Kepala departemen Marturia, yang memiliki wawasan utk mengembangkan musik gerejawi bersama prodi seni musik FBS UHN, sebagaimana diuraikan dalam dokumen MoU ini, yang meliputi Revisi Buku Logu HKBP, Pelatihan musik dan song leader di distrik-distrik, Penjemaatan Buku Ende dengan membagikannya kepada gereja atau lembaga yang bersedia menyanyikannya dalam bentuk koor gabungan”, tegas Dr. Junita lagi.

Sementara Kadep Marturia Pdt. Dr. Anna Vera Pangaribuan mengatakan, sinergitas musik dalam gereja HKBP harus bisa terwujud dengan baik. “Kami sangat mengharapkan musik Gereja HKBP bisa go international. Kemudian pelayanan zending HKBP dari sisi lain bisa juga dilakukan melalui penguatan–penguatan sektor di semua basis HKBP seperti penguatan pertanian dan lain sebagainya. Terima kasih atas sambutan UHN dalam rangka membangun visi yang sama, pelayanan marturia HKBP kedepan makin lebih baik”,tuturnya.

Turut juga memberikan kata sambutan dari pihak Yayasan UHN Prof. Dr. Bilter Sirait dan Dra. Pinondang Nababan MM. Hadir dalam penandatanganan MoU ini Pdt. David Silaban, Pdt. Galumbang Br. Rajagukguk, Pdt. Johnny Sirait, Pdt. Sander Hutagalung, Pdt. Antoni Manurung, Pdt. Klaus Sibarani, Bibel VrouValentina Butarbutar, Vitha Sinaga. Dari UHN nampak hadir WR IV Samse Pandiangan PhD, WR II Rusliaman Siahaan SE MM, Direktur Pascasarjana Dr. Pantas H. Silaban MBA, Nancy Novelina Sitompul SE MSi, Dr. Juli Esther SH MH, Mula Sigiro PhD, Drs. Poltak Panjaitan MPd, Drs. Mangasa Sinurat SH MSi, Ardin Doloksaribu SE MSi dan lainnya.(REL/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.