KampusMedan – Siborongborong, Dalam rangka mendorong dosen muda di lingkungan Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan yang kreatif, inovatif, bermental peneliti, dan punya visi yang jauh kedepan, pihak UHN Medan dan yayasan melakukan pembinaan kepada dosen muda selama dua hari du Bukit Zetun Siborongborong, Jumat, (1/08/2019).

Adapun narasumber adalah Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumban Tobing, Sekretaris yayasan Pdt. Dr. Pintor M. Sitanggang, Psikolog Prof. dr. Irmawati, pengurus yayasan Kombes (Pol) Dr. Maruli Siahaan SH MH dan Rektor UHN Medan Dr. Haposan Siallagan SH MH.

Rektor dalam arahannya mengatakan, aalah satu kunci keberhasilan upaya peningkatan mutu pendidikan tinggi adalah melalui upaya menyediakan seluruh elemen yang mendukung penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas, dan sesuai standard yang tertuang dalam Undang-undang No.12 tahun 2012, Permenristek DiktiNo. 44 Tahun 2015 dan No. 62 tahun 2016, serta penyelenggaraan pendidikan tidak lagi berbasis pada input-proses-output, tetapi harus berlanjut berbasis outcomes.

Selanjutnya upaya strategis terpenting dalam membangun UHN sebagai Perguruan Tinggi Swasta yang menghasilkan lulusan berdaya saing Internasional, bermartabat, berjiwa kepeloporan dan berkarakter sebagai PTS dari Teaching University menuju Research University harus bertumpu pada 4 pilar utama yakni; 1) Peningkatan Kualitas Akademik, Non Akademik, 2) Peningkatan Kualitas Pengelolaan Sumber daya, 3) Peningkatan Kualitas Mahasiswa, Alumni dan Promosi serta 4) Peningkatan Kualitas Organisasi dan Penjaminan Mutu, tegas Rektor UHN.

Rektor juga mengatakan, bahwa merujuk pada Visi, Misi, dan Tujuan UHN yang berfokus pada ketercapaian capaian pembelajaran, lulusan, ketercapaian visi, misi, dan tujuan tersebut, maka UHN ini perlu memiliki nilai-nilai bersama (UHN Values Share) dengan prinsip utama terangkum dalan satu kata IN HARMONI (Institution Nommensen (UHN) must be: Humble, Agile, Respect, Motivated, Outstanding school, Nation, Integrity) yang merupakan Interpretasi dari wujud “Pro Deo et Patria” Bagi Tuhan dan Ibu Pertiwi, dalam kehidupan sivitas akademika UHN dilandasi semangat berjuang dan berkarya.

Untuk itu peran serta segenap warga sivitas akademika sangat diharapkan, dengan kata lain tanggung jawab bukan terletak pada pundak Rektor semata, namun pada pundak segenap warga kampus UHN. Dapat dipahami, pemimpin dan civitas akademika UHN harus rendah hati dan lincah/trengginas (Humble dan Agile); Memberikan Kesempatan kepada orang Lain (Respected); Bekerja dengan Berbekal Iman dan Ilmu (Motivated); Dalam Bekerja Hendaknya Membuat Perencanaan Tertentu untuk mencapai tujuan utama UHN sebagai perguruan tinggi kelas dunia (Outstanding dan Nation); Mematuhi Aturan yang Berlaku (Integrity).

“enciri UHKBPN menuju universitas kelas dunia adalah melekatnya nilai-nilai agama pada semua aspek dalam perencanaan manajemen. Harmonisasi finansial terhadapat sumber daya untuk belajar untuk ditopang oleh integrasi nilai-nilai agama dalam semua aspek perencanaan manajemen UHN, menyeimbangkan antara faktor internal (karyawan dan organisasi) dengan eksternal (pemilik dan pelanggan), antara indikator kinerja keuangan (perspektif pemilik) dengan kinerja non-keuangan tegas Rektor lagi. Untuk itu, masa depan UHN Medan semua berada di tangan anda-anda dosen muda ini”, tegas Rektor yang punya visi jauh kedepan dalam membangun dan mengembangkan UHN Medan.(REL/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.