KampusMedan – Medan, Bertempat di kampus Intitut Teknologi Del Sitolu Ama Laguboti Kabupaten Tobasa, Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan bersama IT Del menjalin MoU dalam rangka pelaksanaan tridarma perguruan tinggi yang bermutu kedepan. Dalam hal ini UHN Medan diwakili oleh Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama Drs. Samse Pandiangan MSc PhD dan perwakilan Inteitut Teknologi Del oleh Rektor Prof. Ir. Togar M. Simatupang M Tech PhD.

Penandatanganan MoU ini langsung disaksikan oleh Mekon Kemaritiman RI Jenderal (Purn) Luhut Binsar Panjaitan MPA dan Bupati Toba Samosir Ir. Darwin Siagian, Rabu(12/07/2019). Pada saat yang sama Wakil Rektor IV UHN Medan Bidang Kerjasama memberikan presentasi peran perguruan tinggi menghadapi revolusi industry 4.0 di acara Badan Kerjasama – Universitas Perguruan Tinggi Kristen Indonesia (BK-UPTKI).

Rektor UHN Medan Dr. Haposan Siallagan, SH, MH mengatakan Intitit Teknologi Del adalah salah satu perguruan tinggi yang bergerak khusus dalam bidang teknologi harus kita akui didukung oleh SDM yang sangat bagus karena langsung di support oleh ITB dan didukung penuh oleh tokoh orang Batak Jenderal Purn Luhut B Panjaitan yang saat ini jadi menteri Koordinator Kemaritiman dan kepercayaan Presiden RI saat ini. Kita sangat bangga bisa menjalin MoU dengan Del karena Del langsung berdomisili di bona
pasogit. Dengan adanya MoU ini kita harapkan nantinya kualitas tridarma perguruan tinggi bisa berjalan dengan baik, tegas Rektor UHN lagi.

Rektor juga menambahkan saat ini UHN Medan punya progress yang sangat bagus dalam hal pengembangan IPTEK. “Kita telah mendorong Fakultas Teknik untuk terus melakukan inovasi dalam bidang teknologi ramah lingkungan dan bebas emisi. Hasilnya cukup bagus dimana Fakultas Teknik UHN Medan mampu menciptakan Becak listrik hasil kerjasama dengan PLN Regional Sumut”, tegas Rektor lagi.

Dalam paparannya mengenai Revolusi Industri 4.0 Samse Pandiangan PhD mengatakan kata kuncinya adalah kerja keras dan kerja cerdas dengan terus meningkatkan pola berpikir yang inovatif dan kreatif. Mari kita jadikan Industri 4.0 sebagai sebuah peluang karena dengan adanya Industri 4.0 ini kreasi dan inovasi akan terus berkembang. Dalam hal ini kita harus bisa menjadi pemian utama. “Untuk itu, saatnya semua perguruan tinggi atau institusi pendidikan mengembangkan pola p[ikir yang inovatif dan kreatif”, tegas Samse Pandiangan.

Sementara Rektor IT Del sangat berterima kasih atas jalinan MoU ini dan akan memanfaatkan MoU ini untuk kemajuan antar kedua lembaga dan juga bisa bermanfaat untuk masyarakat Tobasa secara khusus.

Sementara Jenderal (Purn) Luhut Binsar Panjaitan, MPA secara global mengajak menjadi manusia yang inovatif dan kreatif untuk menyongsong tantangan jaman yang makin kompleks. “Bangsa ini bisa unggul apabila kita semua bekerja lebih keras, berpikir dengan visioner, dan terus melakukan pembaharuan”, tegas LBP.

Turut hadir dalam acara ini Bupati Toba Samosir, Direktor Lembaga Urusan Internasional (LUI) UHN Medan Dr. Mula Sigiro PhD, Kepala Biro Kerjasama dalam negeri UHN Drs. Poltak Panjaitan MPd.(REL/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.