KampusMedan – Medan, Setelah menyelesaikan 15 kali tatap muka perkuliahan, dan seluruh tugas vlog mahasiswa yang mengambil mata kuliah MSDM dan Pemasaran Strategis yang diasuh oleh dosen Mangasi Butarbutar SE MM, maka diketahui bagwa Vlog terbaik pertama adalah tugas kelompok Reno CS (Kelompok MSDM Kelas 17.5), Vlog terbaik kedua adalah Kelompok Kevin CS (Kelompok I MSDM dari Kelas 17.4), Vlog terbaik ketiga adalah tugas Kelompok Nelson Cs (Kelas MSDM 17.5).

Reno CS (Reno Ray, Calvin, Felix, Calnio , Andre, Winardi dan Edy Santos) memulai cerita dengan background masalah umum yang dihadapi sejumlah perusahaan di bidang ketenagakerjaan, tapi dilakonkan dengan gaya dan cerita yang unik dan lucu. Mengambil lokasi di Taman Chandika Jalan Karya Wisata Medan Johor, video ini mereka hasilkan setelah melalui tiga kali diskusi.

“Diskusi pertama menyepakati ide, tema dan dialog yang akan dilakoni. Diskusi kedua membahas perubahan tema, drama dan dialog, dengan kata pembuka SEBERAPA GREGET. Diskusi ketiga, penyempurnaan dan pembagian tugas masing-masing anggota yang menjadi tanggung jawab masing-masing menjelaskannya di depan kamera”,ujar Reno Ray Siregar sebagai sutradara vlog mereka.Link vlog di youtube https://www.youtube.com/watch?v=qOMd5CQS0us

Menurut Reno, kerjasama diantara mereka semua anggota kelompok sangat bagus, meski camera take harus berulang-ulang, layaknya pembuatan film layar lebar dan sinetron. Memang kita sadari bahwa penguasaan materi masing-masing orang masih kurang lancar, pengambilan gambar juga masih kurang sempurna, tapi ide cerita original ini membuatnya unik dan beda dari tugas vlog mata kuliah pada umumnya.

Vlog Kevin Cs tergolong menarik, diawali dengan teori kemudian wawancara dengan manajemen sebuah perusahaan yang dilakoni mereka sendiri. Vlog ini mampu menegaskan betapa pentingnya peranan karyawan di perusahaan sehingga sangat penting dikembangkan. Mereka mengambil lokasi yang elegan dan rapi, baik pemeran laki-laki maupun pemeran wanita. Hanya saja kekurangan vlog ini adalah semua pemainnya terlalu serius, wajah ketat dan kurang santai, baik Adrian, Teresa, Steven Joventa dan Kevin. Namun secara umum penampilan mereka sangat bagus.Link vlog Kevin Cs https://www.youtube.com/watch?v=gYkdagbXrNo.

Kelompok Kevin Cs foto bersama dengan dosen pengasuh MSDM Mangasi Butarbutar SE MM

Menurut Kevin yang membuat jalan cerita tugas kelompok ini, pertama mencari mencari dan mengumpulkan materi yang akan dibahas. Lalu menjadikannya menjadi sebuah makalah. Lalu dari makalah itu dibagi tugas yang membawakan materi.Proses kedua melakukan penetapan tanggal dan dress code yang mereka bawakan itu batik pak pada saat rekam video.

“Proses ketiga melakukan perekaman di hari H dan lokasinya di kantor, sehingga sangat real dalam pembahasan tentang karyawan.Proses keempat melakukan editing videonya. Proses kelima melakukan pengiriman video via Email. Proses ini membutuhkan kurang lebih seminggu secara keseluruhan. Diskusi kami sangat intens, kawan-kawan semuanya memberikan ide dan masukan hingga penyempurnaan vlog ini”,ujar Kevin.

Kelompok Nelson CS, Kelas MSDM 17.5

Tugas vlog Nelson CS yang terdiri dari Nelson, Cindy Siswandi, Felliany, Eryka Cen, Stefanny Josephine, Kenny dan Fenny Tjiawie juga mengemas cerita dengan baik. Dimulai dengan teori lalu dilanjutkan dengan wawancara HRD dan staf sebuah resto. Tugas ini juga berhasil menegaskan betapa pentingnya pengembangan karyawan, namun adegan masing-masing orang masih sedikit kaku, mungkin juga karena baru pertama kali di depan kamera yang resmi.Link vlog di youtube https://www.youtube.com/watch?
v=aPojNQlqcHw.

Reno Ray Siregar, Pemeran Pria Terbaik

Pemeran terbaik pria jatuh pada Reno Ray Siregar (Kelas MSDM 17.5), link di youtube https://www.youtube.com/watch?v=qOMd5CQS0us. Reno mengomandoi cerita dan memberikan
penjelasan yang lugas tentang seberapa pentingnya pengembangan karyawan. Ekspresi wajah, gerakan fisik dan penguasaan materi membuat penampilannya menarik.

Wany, Pemeran Wanita Terbaik

Sementara itu, pemeran terbaik wanita diperankan oleh Wany dari Kelompok Daniel CS (Kelas 17.3) dengan link di youtube https://www.youtube.com/watch?v=1yx5G_o_ujw. Selain menguasai materi, Wany tampil tanpa gugup sedikit pun, dengan santai dan camera face, membuat penonton terkesima dengan aktingnya, layaknya pemain film layar lebar. Pendapat sejumlah mahasiswa, tugas dalam bentuk vlog adalah tantangan tersendiri, karena belajar akting, belajar tampil di kamera, selain juga memahami topik dengan baik.

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.