KampusMedan – Langkat, Ketersediaan peta desa sangat penting bagi desa. Karena peta bukan sekedar untuk menggambarkan lokasi dan tapal batas, tapi lebih dari itu. Diantaranya, dapat memberikan kejelasan dan kepastian hukum terhadap batas wilayah suatu desa. Permendagri Nomor 45 Tahun 2016 tentang Pedoman dan Penegasan Batas Desa.

Secara umum solusi yang ditawarkan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah berkaitan dengan inovasi desa, yaitu untuk membangun Desa kreatif dan berinovasi untuk mendorong pengembangan ekonomi lokal. Juga replikasi teknologi, dan percepatan pembangunan desa guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Bagian dari Program kegiatan Inovasi Desa tersebut adalah meningkatkan kemampuan perangkat desa mengunakan sarana komputer untuk menunjang kegiatan desa yang berkaitan dengan pemerintahan. Mulai dari data perencaaan pembangunan desa, data kegiatan pelaksanaan pembangunan sampai pada laporan pertanggung jawaban desa dan publikasi. Semua data tersebut dapat diakses melalui fasilitas internet.

Oleh sebab itu Tim PPM Politeknik Negeri Medan membantu pengadaan laptop di Kantor Desa Selayang Kabupaten Langkat, yang dilaksanakan pada tanggal 13 November 2018. Kegiatan pengabdian tersebut diketuai oleh Ahmad Hidayat ST MT, dengan anggota Harris Aminuddin SST MT dan DR. Arnita Sitorus MPd.Tim ini memandang betapa pentingnya perangkat komputer membantu kemajuan desa tersebut.

Suharto sebagai Kepala Desa Selayang mengucapkan terima kasih kepada tim pengabdian Politeknik Negeri Medan. “Semoga apa yang disumbangkan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, karena laptop ini sangat membantu dalam memberikan informasi pada dunia luar baik tentang batas desa maupun hasil bumi dari Desa Selayang”,ujar Suharto.

Terakhir tim PPM Politeknik Negeri Medan juga mengucapkan terima kasih kepada Suharto sebagai Kepala Desa Desa Selayang, semoga kegiatan yang serupa dapat dilakukan secara berkesinambungan di tahun-tahun berikutnya.(REL/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.