KampusMedan – Tanjung Morawa, Tim Pengabdian Penerapan Teknologi Tepat Guna (PPTTG) Politeknik Negeri Medan (Polmed), memberikan Mesin Pengiris Singkong kepada kelompok usaha Keripik Singkong di Desa Telaga Sari Kecamatan Tanjung Morawa 19 Oktober 2020 lalu.

Menurut Ketua Pelaksana PPTTG Polmed, Joni Indra ST MT, sebelumnya pihaknya sudah melakukan penjajakan ke Desa Telaga Sari Tanjung Morawa 15 April 2020, dan diskusi dengan kelompok usaha Keripik Singkong. Hasil penjajakan atau survei tersebut kemudian didiskusikan di Kampus Polmed, dan memutuskan untuk memberikan Mesin Pengiris Singkong serta melatih kelompok usaha tersebut menggunakannya.

Joni Indra ST MT menambahkan, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk Tridharma Perguruan Tinggi dosen-dosen Polmed melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat. “Tujuan dari kegiatan ini adalah menerapkan Iptek bagi mitra usaha keripik dalam penanganan pasca panen, khususnya teknologi pengirisan. Melalui kegiatan ini telah diserahkan 1 unit Mesin Pengiris, 1 set Kompor Gas dan 1 buah Sealer untuk memproduksi keripik singkong”,ujar Joni.

Serah Terima Mesin Pengiris Singkong dari Dosen Polmed Kepada Kelompok Usaha Keripik Singkong di Telaga Sari Tanjung Morawa, Senin (19/10/2020)

Anggota kelompok usaha Keripik Singkong Desa Telaga Sari Tanjung Morawa pun menyampaikan terimakasih kepada Tim Dosen Polmed yang memberikan mereka Mesin Pengiris Singkong, kompor gas dan sealer. Selama ini katanya mereka kesulitan memenuhi permintaan pelanggan, dengan Mesin Pengiris yang disumbangkan tersebut mereka bisa meningkatkan kualitas dan kapasitas produksi hingga 50 kg/minggu.

Ada pun Tim PPTTG Polmed tersebut terdiri dari Joni Indra ST MT, dosen Prodi Teknik Mesin sebagai Ketua Pelaksana, didampingi anggota Aulia Salman ST MT sebagai Dosen Program Studi Teknik Konversi Energi, Drs. Andi Refli MT, dosen Program Studi Teknik Listrik, serta pembantu lapangan Sholahuddin, mahasiswa Prodi Teknik Mesin Polmed.(REL/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.