KampusMedan – Medan, Pandemi virus Covid-19 di Sumatera Utara, tetap mendapat perhatian khusus dari Universitas HKBP Nommensen Medan (UHN Medan). Sebagai bentuk keperdulian dan perhatian UHN dalam menangani penyebaran Covid-19, UHN Medan dengan konsisten kembali memberikan bantuan Alat Perlindungan Diri (APD) bagi tenaga medis di Sumatera Utara. Ini merupakan bantuan Tahap III yang diberikan UHN kepada Rumah Sakit dan Puskesmas. Bantuan tersebut telah dikirimkan oleh Tim Logistik Aksi Donasi Tanggap Covid-19 pada Kamis (16/04/2020) dengan menggunakan jasa pengiriman JNE.

”Ditengah problematika penyebaran virus Covid-19, pengadaan APD saat ini menjadi skala prioritas bagi tenaga kesehatan. Oleh karena itu, hari ini kita melakukan pengiriman APD ke 3 Rumah Sakit di luar Medan yaitu RSUD Sidikalang, RSU Swadana Tarutung, RSU Hadrianus Sinaga Pangururan serta 1 Puskesmas yaitu Puskesmas PB Selayang II. Bantuan ini tidak terlepas dari keprihatinan kita atas kelangkaan APD yang digunakan oleh para pahlawan kesehatan yang sedang berjuang menangani pasien yang suspect maupun positif covid-19. Yang dimana apabila hal itu terus menerus terjadi, dapat membahayakan keselamatan para tim medis yang bertugas,” ucap Rektor UHN Medan, Bapak Dr. Haposan Siallagan SH MH dalam keterangannya, Jumat (17/04/2020).

Dalam kesempatan ini, pakar Hukum Tata Negara Doktor Hukum Lulusan UNPAD Bandung dan USU ini juga mengimbau kepada seluruh civitas akademika dan masyarakat untuk selalu mematuhi anjuran dari pemerintah, seperti tetap beraktivitas di rumah, disiplin menjaga jarak minimal 2 meter ketika berkomunikasi dengan orang lain, mencuci tangan menggunakan sabun secara benar dan teratur, selalu gunakan masker ketika berada diluar rumah, dan selalu menjaga kesehatan dan imunitas tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat.

Bantuan Tahap III yang diberikan kali ini adalah Masker N95 (4 box), Masker Bedah Sensi (2.720 helai), Baju Pelindung (35 pcs), Sarung Tangan/Handscoen (40 box), Kacamata Pelindung/Goggles (35 pcs), Penutup Wajah/Face Shield (70 pcs), Penutup Kepala/Nurse Cap (13 box), minuman dan makanan (14 box).

“Kami keluarga besar RSUD Sidikalang mengucapkan terimakasih yang sebesar-besar nya atas bantuan dari keluarga besar UHN Medan atas bantuan yg diberikan berupa baju cover all, masker N95, masker bedah, goggles, handseal, susu UHT dan biscuit. Dengan adanya bantuan ini akan membantu kami dalam melakukan pelayanan yang lebih optimal dalam penanganan covid-19. Semoga Tuhan memberkati Keluarga Besar UHN dan Tuhan juga yg memberkati pelayanan kami dalam penanganan Covid-19,” ucap syukur dr. Mey Margareta Sitanggang, perwakilan dari RSUD Sidikalang, Kabupaten Dairi.

Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi memberikan dukungan dana serta mendukung upaya pemerintah dalam meminimalisir penyebaran covid-19 ini bisa langsung menyalurkan bantuannya melalui Rekening BRI dengan nomor 1340-01-002681-50-0 atas nama Ardin Dolok Saribu. Hasil dari penggalangan dana ini nantinya akan dipertanggungjawabkan secara akuntabel dan up to date serta dapat diakses melalui laman website https://uhn.ac.id dan https://tanggapcovid19.uhn.ac.id/. Jadi, siapa pun bisa melihat secara nyata bagaimana progress dari setiap gerakan penggalangan dana beserta alokasinya.(REL/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.