KampusMedan – Medan, Tak pernah bermimpi sampai ke negara Jerman yang merupakan salah satu kiblat teknologi termutakhir dunia. Bermula dari bekerja keras dan belajar keras, Chilinton Hutabarat si-anak desa yang lahir di Desa Hutabarat Tapanuli Utara yang merupakan anak seorang petani ini, bisa sampai ke Jerman berkat kuliah di Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas HKBP Nommensen Medan.

Hal itu dikatakan oleh Chilinton Hutabarat begitu tiba di kampus UHN Medan setelah melakukan perjalanan ke Jerman selama sebulan lebih, melalui program “Research Collaboration 2019” dari Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik UHN Medan, Jumat (18/07/2019).

Adapun topik research collaborationyang diikuti oleh Chilinton Hutabarat adalah “Future Technology Additive Manufacturing” yang diselenggerakan oleh Chemnitz University of Technology Jerman, bekerjasama dengan Advanced Manufacturing Technology Excellence Center (AMTEx) UiTM Malaysia. “Teknik Mesin Fakultas Teknik UHN Medan ini telah menghantar saya sampai ke Jerman, yang sebelumnya tidak pernah saya bayangkan”, tegas Chilinton dengan bangganya.

Chilinton Hutabarat dalam curhatnya mengatakan lagi, sangat berat 2 minggu terakhir ini, terlebih 2 hari terakhir karena harus mengejar deadline untuk mengirim hasil penelitian ke Profesor. “Tapi dengan bantuan dari kawan-kawan dan terutama doa dari orang yang terkasih terlebih orangtua, semua dapat rampung tepat waktu. Ini pengalaman yang cukup berkesan tetapi menantang. Menantang kita untuk semakin lebih bagus kedepan. Bersyukur buat semua hal yang bisa ku dapat dari kampus maupun dari luar kampus Technische Universitas Chemnitz, Jerman, kata Chilinton lagi.

Chilinton mengatakan lagi, melakukan eksperimental Butt joint multi-Pass, kemudian melihat butir, mengukur distribusi temperatur pada spesimen hingga membuat simulasi dan akhirnya membandingkan result keduanya. Serta menelusi destinasi2 menarik bukan hanya di negara Panzer ini tapi ke negara seberang Ceko Republik yang terkenal dengan keindahan kota Phara-nya. “{Semunya sungguh pengalaman yg berharga. Ayo adek-adek calon mahasiswa,,, segera daftarkan diri anda dan mari bergabung bersama kami di Fakultas Teknik Universitas HKBP Nommensen Medan”, tegas Chilinton dengan optimisnya.

Selama di negara Jerman Chilinton Hutabarat didampingi oleh dosen pembimbingnya Charles Manurung ST MT. Selama di negara Jerman banyak kenangan yang sangat indah sekaligus pengalaman yang sangat luar biasa. “Tahun depan Fakultas Teknik akan mendapatkan 2 kursi research ker Jerman selama tiga bulan. Ini adalah kesempatan langka dan momentum ini bisa didapatkan dengan kuliah di Fakultas Teknik UHN Medan”, tegas Charles Manurung ST MT lagi.(REL/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.