KampusMedan – Medan, Supaya lebih berhasil menembus dunia kerja dan berhasil membangun karir di perusahaan, Kepala Cabang Auto2000 Medan SM Raja, Sutadi ST, menambah wawasan mahasiswa Jurusan Akuntansi Semester VI Politeknik Negeri Medan (Polmed) lewat kuliah umum dengan topik “Mengenal Dunia Kerja”, Sabtu (27/7/2019) di Ruang Serbaguna kampus tersebut.

Sutadi yang juga Koordinator Wilayah Astra Group Medan ini meminta supaya mahasiswa melakukan sejumlah persiapan dalam memperoleh pekerjaan, seperti mempersiapkan CV yang bagus, penampilan yang rapi dan bersih ketika interview, mengatur body gesture yang baik dan positif, melakukan eye contact yang baik, berani mengajukan pertanyaan yang penting, dan mendorong supaya mahasiswa juga meningkatkan soft skill sesuai passion masing-masing.

Didampingi Sekretaris Jurusan Sastra Karokaro SE Ak MSi (kiri) dan Sekretaris Prodi Akuntansi, Dr Rini Indahwati SE Ak MSi (kanan), Ketua Prodi Akuntansi Dr Yulifati Laoli SE SH Ak MSi (dua kanan) menyerahkan cendramata kepada Sutadi ST (dua kiri), Sabtu (27/7/2019)

“Persiapan menghadapi interview itu ya persiapan verbal dan non verbal. Jangan lupa keberhasilan interview itu banyak ditentukan hal-hal non verbal, seperti mimik wajah, senyum, kontak mata, gestur. Kalau wajah menyeramkan, terus tidak berani bertatap mata dengan penginterview, dikasih kesempatan bertanya tak mau, ya gimana mau berhasil. Sebelum interview ke sebuah perusahaan, silahkan cari informasi tentang perusahaan yang bersangkutan, jadi Anda tahu perusahaan itu bergerak di bidang apa”, ujarnya.

Ia mengatakan, banyak orang mengeluh susah mendapatkan lapangan kerja, namun pihak perusahaan juga susah mencari orang yang tepat.”Jadi benang merahnya dimana? Kata orang susah mendapatkan kerja, saya pun susah mencari karyawan yang tepat. Jadi apa perbedaan antara harapan pencari kerja dan pencari dunia kerja. Oleh sebab itu, anda harus berusaha memenuhi harapan perusahaan, sehingga ketemu”,tegas Sutadi.

Sutadi ST (tengah) foto bersama sejumlah dosen dan Panitia dari mahasiswa Akuntansi Polmed usai digelar kuliah umum, Sabtu (27/7/2019)

Harapan perusahaan menurut Sutadi antara lain pribadi yang memiliki attitude, empati, mampu berkomunikasi, memiliki etos kerja yang tinggi, depandable, self motivated, mampu bekerja dalam tim (Tim oriented), mampu memanage diri, mampu bekerja dibawah tekanan (underpressure) dan fleksibel. “Hard skill seperti ijazah itu penting, tapi memiliki soft sill itu jauh lebih penting. Kalau soal kurang tahu kerja bisa diajari kok, tapi kalau sikapnya tidak baik susah cari obatnya”,tandasnya,

Kuliah umum yang dipandu moderator Raya Puspita Sari SE Ak MSi tersebut sangat interaktif, dimana mahasiswa dengan tertib mendengarkan paparan Narasumber. Mahasiswa pun berlomba-lomba mengajukan pertanyaan. Namun karena keterbatasan waktu, hanya 6 orang mahasiswa yang mendapatkan kesempatan bertanya, yaitu Mangara yang bertanya soal defisini sukses, Lilianti Manurung bertanya soal kualifikasi yang diminta perusahaan, Bastian Damanik bertanya soal lamaran hoax, Viki Hasibuan dan Sarah Novelia. Satu orang mahasiswa bertanya bagaimana supaya sukses bekerja di perusahaan, yaitu Daniel.

Sebelumnya Ester Erika selaku Ketua Panitia mengatakan, tujuan kuliah umum tersebut digelar untuk membekali mahasiswa yang sebentar lagi diwisuda, sehingga mendapat gambaran berharga bagaimana memperoleh pekerjaan yang baik. Hal senada disampaikan Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi, Rizky Aulia.

Kuliah umum tersebut dibuka secara resmi oleh Ketuda Prodi Akuntansi Dr Yulifati Laoli SE SH Ak MSi.”Terimakasih kepada Ibu Rini Indahwati yang telah berjibaku sehingga acara ini dapat dilaksanakan hari ini, terimakasih kepada pembicara pak Sutadi, terimakasih kepada seluruh dosen, staf dan mahasiswa. Semoga kuliah umum ini dapat menambah wawasan kita semua, apalagi anak-anak kami sebentar lagi akan tamat”,ujarnya.

Menurut Sekretaris Prodi Akuntansi, Dr Rini Indahwati SE Ak MSi, Kuliah umum tersebut terselengara berkat dukungan sejumlah pihak, seperti Ketua Jurusan Darwin S>H>Damanik SE MSi, Sekretaris Jurusan Sastra Karokaro SE Ak MSi, serta dihadiri sejumlah dosen lainnya, antara lain Asmalidar SE MSi, Heddy Dipl TESOL MHum, Ratna Sembiring SE Ak MSi, Dra Dameria Naibaho Ak MSi, M.Zuardi SE MSi, Amran Harun SE Ak MSi, Asriyati SE Ak MSi.(RED/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.