KampusMedan – Detroit, Ratusan siswa SMP dari wilayah kota Detroit, negara bagian Michigan, Amerika Serikat berdemo di luar sekolah mereka, untuk menyerukan pembebasan teman sekelas mereka yang mendekam di tahanan remaja. Temannya itu ditahan karena tidak mengerjakan tugas (PR) sekolah di masa belajar online semester ini.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (17/7/2020) pelajar putri berusia 15 tahun itu, biasa dipanggil Grace. Dalam laporan ProPublica yang menyoroti situasinya, Grace sedang dalam masa percobaan karena berkelahi dengan ibunya dan mencuri.ProPublica melaporkan bahwa Grace, yang memiliki gangguan konsentrasi belajar, mudah terganggu ketika belajar di rumah dan tertinggal selama pembelajaran online. Seorang hakim pengadilan wilayah Michigan mengirim Grace ke tahanan remaja pada bulan Mei dengan alasan tidak mengerjakan pekerjaan rumah (PR), yang disebutnya sebagai pelanggaran masa percobaan.

Pada hari Kamis (16/7) sore waktu setempat, para pengunjuk rasa berkumpul di SMP Groves di pinggiran Beverley Hills sebelum mereka pergi ke Pengadilan Wilayah Oakland dan kantor kejaksaan sembari memegang kertas bertuliskan “Bebaskan Grace”.

Para siswa dalam aksi itu mengatakan kepada Reuters bahwa kinerja akademis Grace biasa saja karena negara tersebut bergulat dengan pandemi Corona.”Banyak orang yang pekerjaannya terbengkalai semester ini, tidak ada yang punya motivasi untuk melakukan apa pun karena para guru tidak mengajar dan kami semua online. Saya tahu begitu banyak orang yang tidak mengerjakan pekerjaan rumah mereka,” kata Prudence Canter (18) seorang lulusan sekolah menengah.

“Sepertinya hakim atau petugas sosial tidak tahu bagaimana nilai dan tanggal deadline dan hal-hal terstruktur selama penutupan karena pandemi di musim semi,” ujar seorang guru studi sosial di Grove, Geoff Wickersham.”Saya pikir ini adalah ketidakadilan yang sangat besar,” lanjutnya.

Kantor kejaksaan menolak memberikan komentar. Hakim Mary Ellen Brennan yang menjatuhkan putusan itu, tidak segera dapat dimintai tanggapan.Eksekutif daerah Oakland County David Coulter memposting pernyataannya pada Selasa (14/7) malam, menulis bahwa ia telah berbicara kepada hakim.

“Meskipun ada banyak detail yang tidak dapat dia bagikan dengan saya dan publik untuk melindungi privasi anak di bawah umur tersebut dan keluarganya, saya percaya peninjauan kasus ini di pengadilan atau selama proses banding, diperlukan,” tulis Coulter.(NET/MKM)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.