KampusMedan – Medan, Dalam upaya memahami implementasi Manajemen Investasi dan Portofolio di kalangan mahasiswa, digelar Sharing Session Panin Sekuritas dengan mahasiswa Akuntansi Semester VII Malam STIE IBBI, Selasa (6/11) lalu di kampus tersebut.

Marketing senior yang juga broker di PT Panin Sekuritas Medan, Hartono, menjelaskan trik mengelola keuangan, dimana 50 persen dari income disiapkan untuk kebutuhan, 30 persen untuk memenuhi keinginan lain dan 20 persen untuk tabungan/investasi bagi mahasiswa yang juga bekerja sehari-hari.

“Jangan menabung dari sisa-sisa, itu tidak akan jadi menabung atau investasi. Begitu terima gaji, sisihkan 50 persen untuk kebutuhan, langsung sisihkan 20 persen untuk tabungan/investasi, sisanya cadangan untuk membeli keperluan yang lain”,ujarnya kepada puluhan mahasiswa yang memang mengambil matakuliah Manajemen Investasi dan Portofolio.

Hartono pun menjelaskan jenis saham yang menguntungkan, baik untuk yang senang trading maupun untuk orang yang ingin berinvestasi jangka panjang. Menurutnya banyak hal yang perlu dipertimbangkan jika ingin membeli, menahan atau menjual saham, seperti kondisi ekonomi makro, kondisi saham sektoral, melakukan analisis fundamental dan analisis teknikal.

“If you fail to plan, you planning to fail. Jadi harus membuat rencana yang bagus, misalkan apakah perlu melakukan cut loss untuk mencegah jangan sampai makin banyak ruginya sebagai antisipasi jatuhnya saham yang semakin dalam. Atau switching, misalnya jual dulu di level Rp7.000/lembar saham, dan beli lagi (buy back) di harga Rp6.500/lembar saham. Atau melakukan averaging”,jelasnya.

Banyak pertanyaan dari mahasiswa, namun keterbatasan jam belajar membatasi. Namun Hartono berjanji akan menyiapkan waktu untuk sharing session berikutnya, khususnya membahas trading saham lebih mendalam.

Dosen pengampu matakuliah Mangasi Butarbutar SE MM menyampaikan terimakasih kepada pimpinan PT.Panin Sekuritas Darmin SE MBA CIMBA, juga kepada Hartono dan staf yang sudah bersedia sharing session sore tersebut.(RED/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.