KampusMedan – Medan, Adanya komitmen Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan Medan dalam hal ini Fakultas Teknik untuk mendorong teknologi ramah lingkungan di Kota Medan dan Kota–kota lainnya harus kita apresiasi, dan kita dorong sebagai bagian dari inovasi menghadapi revolusi industri 4.0 untuk menjadi Icon Sumut.

Hal itu ditegaskan oleh Rektor UHN Medan saat menerima audensi Dekan Fakultas Teknik bersama teamnya di ruang Kerja Rektor UHN Medan, senin (28/01/2019). Sebagaimana dikatakan oleh Rektor UHN Medan, UHN telah melakukan MoU dengan PLN Wilayah Sumut dalam hal mendorong becak listrik sebagai kendaraan yang ramah lingkungan di Kota Medan. “Dengan adanya MoU ini kita harapkan Fakultas Teknik menjadi solusi dalam memberikan sistem transportasi di Kota Medan yang ramah terhadap lingkungan.
UHN Medan sangat mendukung konsep Kota hijau di Kota Medan. Kita harapkan kalau project ini berhasil maka inovasi yang kita lakukan sangat berguna bagi semua warga Kota Medan”, tegas Rektor.

Rektor UHN Medan ini kembali menegaskan bahwa saat ini inovasi perguruan tingggi dalam hal mengelola teknologi sangat kita butuhkan. Perguruan tinggi sebagaui agent of change harus kita dorong untuk mendorong penelitian yang berguna untuk kemaslahatan bersama yang dampaknya bisa langsung dirasakan oleh masyarakat luas. “Tahun ini UHN Medan mengusung visi IN HARMONI. dengan konsep IN HARMONI, Institution Nommensen Must Be dengan mengedepankan “Values Share UHKBPN Medan” yakni, humble, agile, respect, motivated, out standing, nation, dan integrity. Ini adalah sebuah pedoman dan kerangka berpikir yang akan kita kembangkan demi kemajuan UHN yang kita cintai ini”, tegas Rektor lagi.

Rektor mengatakan, UHN tidak usah takut menghadapi revolusi 4.0 karena ini adalah sebuah peluang. UHN harus mampu berubah mindset dengan menjadikan era disruption ini sebagai sebuah peluang. Kita akan memperkuat kondisi internal UHN sehingga di eksternal kita juga bisa kuat. Atmosfir akademik harus diciptakan demi menjadikan UHN sebagai kampus yang siap mengedepankan daya saing lokal menuju World Clas University. Bahkan Rektor menegkaskan spirit menjadi Universitas Kelas Dunia bisa diraih
melalui menghidupkan budaya mutu dalam tridarma, menghidupkan budaya kerja unggul, peningkatan berbagai kriteria produktivitas, peningkatan kerjasama internasional, dan membangun jejaring publik (industri, pemerintah, asosiasi profesi, dan masyarakat).

Sementara Dekan FT UHN Medan Dr. Richard Napitupulu ST MT, didampingi oleh Dosen pembimbing seperti Parulian Siagian ST MT, Libianko Sianturi ST MT mengatakan penelitian becak listrik ini melibatkan dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik dari Prodi Teknik Mesin dan Teknik Elektro. “Kita harapkan dukungan Rektor ini akan memotivasi kami dalam menciptakan kendaraan yang nyaman dan ramah lingkungan. Sebagaimana dikatakan oleh Rektor, Becak Listrik ini adalah sebuah project untuk
kepentingan bersama. Semoga becak listrik sebagai kendaraan yang ramah lingkungan bisa terwujud dengan baik sebagai sebuah inovasi dari UHN Medan untuk masyarakat Sumut”, tegas Doktor Teknik lulusan UI Jakarta ini lagi.(REL/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.