KampusMedan – Langkat, Forum Bumdes Indonesia Kabupaten Langkat menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan BUMDes dengan menggunakan aplikasi, Rabu (15/7/2020), bertempat di Aula Dinas PMD Kabupaten Langkat. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pembuatan laporan keuangan dengan bantuan aplikasi Excell sederhana kepada para pengurus Bumdes yang ada di Kabupaten Langkat.

Kegiatan dimulai pada pukul 9.00 WIB dengan dihadiri oleh 20 pengurus BUMDes yang ada di Langkat, dengan tetap mengikuti protokol Covid seperti seluruh peserta menggunakan masker, panitia menyediakan Hand Sanitizer, dan dengan menjaga jarak antara peserta pelatihan juga narasumber. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Rimbananto (pemerhati BUMDes) dan Dr. Rini Indahwati SE Ak MSi CA, dosen Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Medan.

Dr.Rini Indahwati ketika menyampaikan pemaparan

Pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Langkat, Sutrisuanto SSos dan didampingi oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Perekonomian, Fatimah, juga tenaga ahli Maria Lusiana Sitepu. Ketua panitia kegiatan dan juga Ketua Forum Bumdes Indonesia Kabupaten Langkat, Supono ST menjelaskan bahwa selama ini kebanyakan BUMDes menyiapkan laporan keuangan secara manual. Tentunya hal ini akan sangat merepotkan Bumdes, juga waktu yang diperlukan untuk menyusun laporan keuangan menjadi lebih lama. “Aplikasi yang diciptakan oleh pak Rimbananto ini sangat membantu pengurus Bumdes dalam menyiapkan laporan keuangan Bumdes dengan cepat dan akurat”,ujarnya.

Pemateri pertama, Dr, Rini Indahwati menyampaikan penjelasan tentang Konsep Dasar Akuntansi seperti mengapa BumDes harus menyusun laporan keuangan, jenis-jenis laporan keuangan yang harus disusun berdasarkan standar akuntani keuangan, juga jenis-jenis bidang usaha Bumdes yang akan mempengaruhi format laporan keuangannya. Juga dijelaskan tentang persamaan akuntansi dalam proses awal penyusunan laporan keuangan.

Pengurus Bumdes Langkat ketika mengikuti pelatihan

Sementara Rimbananto langsung masuk ke teknis penyusunan laporan keuangan menggunakan aplikasi. Peserta menggunakan laptop masing-masing dan sudah menerima format standar dari aplikasi berbasis Excell ini. Peserta pelatihan mulai membuat akun yang sesuai dengan bidang usaha Bumdes-nya masing-masing. Dan mulai latihan mencatat transaksi satu persatu sampai menjadi laporan keuangan yang terdiri dari Laporan Laba-Rugi, Laporan Perubahan Modal dan Neraca.

Peserta sangat antusias mengikuti proses pelatiham dan banyak memberikan pertanyaan-pertanyaan yang kritis. Kegiatan ditutup pada pukul 15.00 WIB, namun konsultasi secara online tetap berjalan antara narasumber dan peserta pelatihan.(REL/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.