KampusMedan – Medan, Digitalisasi ekosistem pasar sebagai pusat perekonomian daerah merupakan salah satu program prioritas LinkAja dalam upaya memperluas manfaat elektronifikasi transaksi. Melengkapi keberadaannya di beberapa pasar tradisional di Indonesia, kini LinkAja bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karo, hadir di Pasar Buah Berastagi untuk mendukung sistem pembayaran secara nontunai di 68 pedagang pasar untuk memberikan kemudahan transaksi harian para penjual dan pembeli.

Sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia, QR Code yang digunakan di Pasar Buah Berastagi sudah mengadopsi teknologi QRIS sehingga memungkinkan para penjual maupun konsumen untuk bertransaksi dengan lebih dari satu operator pembayaran. Edukasi maupun sosialisasi telah dilakukan kepada para pedagang yang ada di pasar buah Berastagi melalui booth LinkAja di area pasar, untuk memastikan kelancaran proses adopsi dan transaksi yang memudahkan semua pihak. Cara penggunaan pembayaran dengan LinkAja sangat mudah. Cukup dengan memindai QR Code yang tersedia dan memasukkan nominal harga sayur atau buah, pembayaran pun sukses dilakukan.

Haryati Lawidjaja, Direktur Operasi LinkAja mengatakan, transformasi metode pembayaran konvensional (tunai) menjadi nontunai di Pasar Berastagi akan sangat memudahkan masyarakat area Berastagi maupun wisatawan yang berkunjung ke Pasar Buah Berastagi dalam melakukan pembayaran. “Pedagang pasar pun akan mendapatkan berbagai manfaat positif, karena tidak perlu menyiapkan uang kembalian, serta memiliki data transaksi harian yang terekam dengan baik. Kami harap ke depannya LinkAja dapat
mengimplementasikan misinya untuk hadir di ekosistem pasar tradisional di seluruh Indonesia. Membuka akses layanan keuangan yang efisien bagi semua kalangan masyarakat, khususnya golongan underbanked dan unbanked”,ujarnya.

Pasar Buah Berastagi merupakan salah satu dari sekian banyaknya pasar tradisional di Indonesia yang saat ini telah bekerja sama dengan LinkAja. Beberapa pasar lainnya yang telah lebih dahulu bekerja sama adalah Pasar Beringharjo Yogyakarta, Pasar Mayestik DKI Jakarta, Pasar Oro – oro Dowo Malang, Pasar Peterongan Semarang, Pasar Pabaeng – Baeng Makassar dan beberapa pasar lainnya di Sumatra maupun Jawa.

Para pengunjung pasar dapat melakukan pengisian saldo dan tarik tunai dengan mudah melalui agen BRILink di Pasar Buah Berastagi, jaringan modern retail seperti Alfamart & Indomaret, Bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara), ATM Link Himbara, jaringan ATM Bersama, Kantor Pos, dan Pegadaian yang jaraknya tidak jauh dari area pasar.

Warga Berastagi Maupun Kota Medan sudah dapat menggunakan LinkAja pada berbagai titik transaksi lokal, seperti transportasi publik (Damri menuju Danau Toba), modern retail (Suzuya Superstore, Kasimura Supermart, K3 Mart, Maju Bersama Supermarket), kawasan kuliner dan hiburan (Medan Night Market, Funland Mikie Holiday), pasar tradisional (Pasar Beruang), serta berbagai pusat perbelanjaan (Cambridge City Square, Manhattan Times Square) dan rumah makan kenamaan (Ayam Penyet Ria, Mie Ayam Haji
Mahmud, dll) yang menjadi favorit warga Medan.(REL/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.