KampusMedan – Medan, Sebanyak 8 orang mahasiswa Universitas Sari Mutiara (USM) Indonesia terpilih untuk mengikuti Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) di 3 Badan Usaha Milik Negara antara lain, PT. PELINDO I, PT. PEGADAIAN dan PT. ASABRI. Pembukaan dimulainya PMMB secara resmi dilakukan di Kantor Pelindo I, Jalan Krakatau Ujung No.100, Tj. Mulia, Medan, Senin (11/3/2019).

“Acara orientasi ini dibuat agar perguruan tinggi dapat lebih mengenal Pelindo I dengan program-programnya,” kata Direktur SDM dan Umum Pelindo I, Hamied Wijaya, ketika membuka acara orientasi. Menurut Hamied, Pelindo I sangat terbuka untuk bekerja sama dengan perguruan tinggi, seperti menerima mahasiswa yang ingin melakukan PKL (praktek kerja lapangan), magang maupun keperluan penelitian lainnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, USM-Indonesia, Karnirius Harefa yang hadir dalam kegiatan tersebut, menyampaikan, bahwa USM-Indonesia sangat berterima kasih dapat dipercaya untuk menjadi mitra BUMN dalam program magang tersebut.

Sebelumnya, kata Karnirius, kegiatan ini terlaksana hasil tindak lanjut dari penandatangan nota kesepahaman USM-Indonesia dengan FHCI (Forum Human Capital Indonesia) di Makassar beberapa waktu lalu bersama sejumlah BUMN secara terpisah.

Adapun magang ini akan diadakan selama 6 bulan penuh dengan harapan agar mahasiswa memiliki kesempatan cukup untuk belajar secara langsung mempraktekkan teori yang mereka dapatkan di kampus, sehingga mereka memiliki pengalaman dan keterampilan yang semakin terasah.

Para mahasiswa akan langsung di bimbing oleh mentor dalam bidang ataupun divisi mereka masing-masing. Di akhir magang mereka akan diberikan sertifikat magang industri atau kompetensi. Itu adalah tanda bahwa mereka sudah berhasil menyelesaikan program magang dengan baik sesuai dengan perjanjian kerja sama (PKS).“Selain itu, peserta magang juga akan mendapatkan uang saku harian serta fasilitas lainnya yang diatur dalam PKS antara perguruan tinggi dan BUMN,” jelas Dewi R. Bancin, Ketua Pusat Pengembangan Karir USM-Indonesia.

Untuk informasi, pelaksanaan PMMB ini adalah salah satu perwujudan program dari Kementerian BUMN “BUMN Hadir untuk Negeri”. Sedangkan FHCI merupakan wadah bagi para pengelola dan praktisi manajemen human capital di lingkungan BUMN, untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyalurkan potensi dan menggali pengalaman di sejumlah BUMN melalui PMMB.

Proses seleksi PMMB ini sudah dilaksanakan sejak awal Desember 2018 hingga Februari 2019, yakni dengan metode yang berbeda-beda sesuai dengan ketentuan BUMN. Diantaranya seleksi administrasi, kemudian wawancara secara bertahap. Program magang periode kedua dijadwalkan akan dibuka kembali pada bulan Juli mendatang.

Adapun ke-8 mahasiswa USM-Indonesia tersebut, berasal dari Program Studi: Kesehatan Masyarakat, Akuntansi, Sistem informasi, Manajemen, dan Psikologi. “Kita harapkan, kedelapan mahasiswa tersebut akan menjadi pionir bagi mahasiswa lain untuk semakin tekun belajar dan meningkatkan kualitas. Peluang mahasiswa yang ikut melakukan magang ini akan semakin terbuka dapat bekerja di BUMN tersebut,” sebut Humas USM-Indonesia, Karmel Simatupang.(REL/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.