KampusMedan – Medan, Spirit kewirausahaan mahasiswa harus kita tanamkan sejak dini kepada semua mahasiswa Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan, melalui nilai keteladanan dengan langsung memberikan contoh.

Demikian ditegaskan dosen Fakultas Pertanian Dr. Ir. Sabam Malau kepada berbagai media di Kantin UHN Medan Jalan Sutomo, saat peluncuran perdana produk Gambir Herbal dari Pakpak Bharat. Pada saat yang sama Dr. Ir Sabam Malau penggagas “UHN Goes International” ini sebagai owner “Mettle Coffee” memperkenalkan produknya berupa kopi minuman sehat kepada media, Selasa (11/06/2019).

Doktor Pertanian lulusan salah satu perguruan tinggi ternama dari Jerman ini mengatakan, Mettle Coffee adalah minuman sehat yang langsung disanggrah sendiri untuk memenuhi kebutuhan minuman yang sehat di kampus UHN dan juga masyarakat Sumatera Utara. Dr. Ir. Sabam Malau dengan tegas mengatakan, tujuannya bukan hanya untuk keuntungan finansial semata, tetapi mantan Rektor UHN ini berpesan kepada semua mahasiswa UHN untuk tidak pernah malu menjadi seorang wirausaha, pekerjaan apapun itu selagi pekerjaan itu tidak dosa dan menyimpang, maka lakukanlah itu dengan tulus.

Mantan Rektor ini juga mengatakan, dalam menjalani usaha seperti kewirausahaan kopi ini ada nilai–nilai yang bisa dirasakan seperti nilai pelayanan, nilai kerendahan hati, nilai keramahtamahan, nilai kebersamaan. “Itu sangat saya rasakan selama mengelola Mettle Coffee dan Gambir herbal ini. Banyak efek ganda yang bisa diperoleh dengan mengembangkan jiwa wirausaha ini di kampus UHN, perekonomian Pakpak Baharat dan masyarakat petani kopi bisa terbantu dengan baik”,ujarnya.

Sabam Malau mengatakan lagi, target kedepan adalah bisa jadi distributor Mettle Coffee dan Herbal Gambir Pakpak Bharat ini ke luar negeri, sebagai salah satu icon Sumut. Sabam Malau mengatakan sekali lagi, Mettle Coffee dan Herbal Gambir ini adalah minuman sehat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Sementara Ketua Koperasi UHN Medan (K2UN) Drs. Oloan Simanjuntak MM mengatakan, konsep kantin dikita ciptakan sanagt mendukung wirausaha. “Lingkungan kantin yang kita ciptakan harus mampu jadi tempat belajar, tempat santai, tempat bersilaturahmi dengan desain yang indah. Artinya, semua orang yang berkujung ke kantin kita ini harus betah dan merasakan aura yang sangat bersahabat. Pelayana di kantin kita buat terukur”, tegas pengelola Koperasi yang pernah membawa K2UN ini sebagai salah satu koperasi yang terbaik di Sumatera Utara.

Drs. Oloan Simanjuntak MM sangat mengapresiasi semangat wirausaha Mantan Rektor UHN ini dan pantas jadi contoh atau role model bagi semua mahasiswa UHN untuk jadi wiruusaha muda kedepan. “Beliau tidak malu melakukan pekerjannya sekalipun mantan Rektor. Kedepan konsep kantin UHN akan kita terus tingkatkan sebagai tempat yang nyaman untuk belajar dan bersantai bagi siapa saja pengunjungnya”, tegas Drs. Oloan SImanjuntak MM.(REL/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.