KampusMedan – Medan, Mahasiswa Pascasarjana Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan melakukan studi banding ke Thammasat University Bangkok Thailand. Studi banding ke luar negeri ini dilakukan sebagai program rutin dengan tujuan memberikan wawasan global kepada mahasiswa Pascasarjana UHN Medan.

Hal itu dikatakan oleh Direktur Pascasarjana UHN Medan Dr. Pantas H Silaban SE MBA, melalui Koordinator Humas UHN Medan Jonson Rajagukguk SSos SE MAP di Kampus UHN Medan, Selasa,(29/01/2019). Menurut Direktur Pascasarjana UHN Medan yang pernah Kuliah S2 di Michigan University USA ini, saat ini persaingan dalam skala global wajib kita hadapi.

“Dengan adanya berbagai kesepakatan seperti MEA, digitalisasi ekonomi, dan penyebaran infortmasi yang sangat cepat, maka wajib bagi kami UHN untuk memberikan wawasan global kepada mahasiswa sebagai sebuah antisipasi sejak dini. Saat ini globalisasi ekonomi adalah sesuatu yang tidak mungkin kita hindari, maka solusinya adalah memperbaiki kualitas SDM dengan memebrikan pemahaman yang bertaraf internasional dalam segala bidang”, tegas Dr. Pantas.

Diharapkan dengan adanya studi banding ke luar negeri ini, mahasiswa Pascarjana UHN Medan semakin kritis, berpikir global, dan punya kemampuan yang baik dalam penguasaan Bahasa Inggris. Ia juga mengharapkan dengan adanya studi banding mahasiswa Pascasarjana UHN Medan ini, lulusan Magister dari kampus ini bisa jadi solusi dalam menghadapi era globalisasi atau revolusi industri 4.0 yang telah memepengaruhi bangsa ini. “Kita tidak akan bisa hanya penonton, kita harus jadi aktor di era globalisasi ekonomi, digitalisasi ekonomi, atau era disruptif saat ini”, tegas Dr. Pantas H Silaban.

Sementara Rektor UHN Medan Dr. Haposan Siallagan SH MH menegaskan, bahwa UHN Medan akan komit melakukan tugasnya sebagai penjabaran dari Tridarma Perguruan Tinggi. UHN siap mengembangkan SDM yang berbasis lokal dan berdaya saing global. Sumatera Utara sebagai tempat UHN Medan sangat berkomitmen untuk membangun SDM yang siap pakai menghadapi tantangan jaman makin erat.

Bahkan Rektor mengatakan, kemitraan strategis dengan berbagai perguruan tinggi ternama dari luar negeri sudah dilakukan dalam bentuk MoU dan MoA tentang student  exchange, lecturer exchange, dan mitra penelitian bersama. Semuanya ini akan menghasilkan mutu lulusan UHN Medan. “Bahkan saat ini kita telah melakukan upaya MoU  dengan berbagai instansi pemerintah dan swasta agar terjadi transfer IPTEK dan mahasiswa UHN mendapatkan sumber informasi dari praktisi yang berkompeten di bidangnya,
tegas Rektor. Melalui visi dan misi Rektor dalam bentuk IN HARMONI, kita akan mendoorng bagaimana supaya negara yang kita cintai ini mampu bersaing di era Revolusi  Industri 4.0 yang sudah di depan mata”, tegas Rektor UHN ini lagi.(REL/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.