KampusMedan – Simalungun, Mahasiswa Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli (Unita) Prodi Manajemen menggelar kunjungan edukatif ke PTPN IV Unit Teh Sidamanik, Kamis (30/1). Sebanyak 103 mahasiswa fakultas ekonomi yang mengambil mata kuliah manajemen operasi dan produksi mengikuti kegiatan tersebut.

Dalam kunjungan tersebut, mahasiswa UNITA didampingi Dekan Fakultas Ekonomi Joan Berlin Damanik SSi MM, PD I Herta Manurung SE MM, PD II Delviana RW Sihombing SE MSi, PD III Leonard Sinaga SE MM, Ka Prodi Rosalinda S Sitompul SE MM, Sekjur Nurlinawati Simanjuntak SE MM, PUREK III Hotlin Siregar SE MM, Dosen Hotlan Purba SE MM, Niarita Bukit SE MSi, Ronald D Sihaloho SE MSi dan Donna Panggabean SSos MSi. Rombongan diterima Asisten SDM Umum dan Keamanan Risky Fajaryanto.

Dekan Fakultas Ekonomi Joan Berlin Damanik SSi MM mengatakan, kunjungan industri adalah untuk menambah kemampuan mahasiswa manajemen, biasanya kampus akan menyelenggarakan beberapa kegiatan yang bersentuhan langsung dengan dunia kerja, seperti Kunjungan Industri yang dilakukan oleh mahasiswa Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sisingamngaraja XII Tapanuli ke PTPN Iv Pabrik Teh Bah Butong Sidamanik, Kamis (30/01/2020).

Joan Berlin Damanik menjelaskan beberapa manfaat kunjungan industri ini untuk mahasiswa antara lain memperkenalkan kepada mahasiswa kondisi dunia industri, Memperluas pengetahuan Mahasiswa di lingkungan dunia kerja, memberikan gambaran aplikasi langsung dari berbagai mata kuliah secara khusus mata kuliah Manajemen Operasi dan Produksi, membandingkan teori yang didapat dikelas dengan kondisi di dunia kerja, mendapatkan langsung informasi yang diperlukan untuk dunia kerja, mendapatkan Penjelasan proses operasi dan produksi Pabrik Teh.

Selain itu mahasiswa diharapkan akan melihat secara langsung bagaimana faktor-faktor manusia, mesin dan peralatan, material, energi, modal, informasi sumber daya alam dan lain lain dikelola secara bersama dalam suatu sistem produksi guna menghasilkan suatu produk secara efektif, efisien dan aman.

Mewakili mahasiswa, Laras Pakpahan mengaku kunjungan edukatif ini sangat membantu mahasiswa untuk mengetahui lebih dalam lagi teori yang disampaikan dosen. Dengan kunjungan ini, mahasiswa langsung dapat melihat praktek proses operasi dan produksi teh. Di PTPN IV Unit Teh Sidamanik, mahasiswa dijelaskan dan diperlihatkan bagaimana proses produksi teh mulai dari pembibitan, penanaman, pengolahan teh hingga pengemasan dan sistem pemasaranya.

Sementara itu, Asisten SDM Umum dan Keamanan Risky Fajaryanto, mengapresiasi kunjungan mahasiswa UNITA, karena bisa lebih mengekspos perkebunan teh. Dia berharap para mahasiswa bisa mengambil sisi positif dari manajemen kerja mereka. “Siapa tahu nantinya ada buka lowongan, mereka bisa mencobanya dan apabila masuk mereka sudah mengetahui sedikit tentang bagaimana proses produksi, serta mengetahui tugas dan tanggung jawabnya sampai proses akhir. Mengingat dalam perusahaan butuh keterampilan khusus, apalagi di pabrik”, ungkapnya.(REL/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.