KampusMedan – Silangit, Sebanyak 68 orang mahasiswa/i Faklultas Ekonomi Universitas Tapanuli (UNITA) Silangit Tapanuli Utara melakukan studi banding ke Universitas Kuala Lumpur Business School (Uni KL) baru-baru ini. Pada kunjungan studi banding itu juga, mahasiswa/i juga berkesempatan mendapatkan kuliah umum dengan materi Tourism Management and Technology, yang dibawakan oleh DR Norhisham Abdul Mutalib, yang juga senior Lecture Management dan Entrepreneurship serta Head of Section Tekno Putra Uni KL.

Dalam Kegiatan itu, para mahasiswa/wi FE UNITA begitu anstusias dalam mencermati materi yang diberikan, dan melakukan sesi tanya jawab, dan dalam kesempatan itu juga mahasiswa/wi dan dosen diberikan kesempatan untuk melihat fasilitas perkuliahan laboratorium yang serba digital serta perkantoran yang ada di Uni KL.

Dean/Head Of Campus Universiti Kuala Lumpur Business School (Uni KL) Prof DR Sulaiman Sajilan A.M.N (pakai Ulos), foto bersama Dekan, Pembantu Dekan dan dosen lainnya dari FE UNITA di Kampus Uni KL Malaysia.

Sementara Dekan FE UNITA, Joan Berlin Damanik SSi MM menyampaikan profil UNITA kepada Para Dosen Uni KL, dan menyambut baik peluang yang ditawarkan oleh Pimpinan Uni KL, yang nantinya akan membuat kerjasama atau komitmen berupa Letter Of Intens (LOI) antar UNITA dengan Uni KL.”Peluang itu akan mampu meningkatkan kualitas mahasiswa/wi UNITA dimasa yang akan datang dalam menghadapi persaingan global, sehingga alumni UNITA akan mampu berkompetisi dengan alumni Universitas Luar Negeri”,ujar Joan Berlin.

Kemudian, bagi mahasiswa/i serta dosen yang menyertai program itu dapat menambah wawasan dengan melihat secara langsung bagaiman kemajuan pendidikan pada satu negara dan kemajuan sektor industri Pariwisata dan sektor lainnya di Kuala Lumpur, Malaysia.

Mahasiswa/i FE UNITA sangat antusias menyumak kuliah umum dari DR Norhisham Abdul Mutalib

Sementara itu, Dean/Head Of Campus Universiti Kuala Lumpur Business School (Uni KL) Prof DR Sulaiman Sajilan A.M.N, membuka peluang kerjasama dua sisi Uni KL itu dengan Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli (UNITA) dengan pertukaran dosen maupun pertukaran mahasiswa.

“Kalau di Malaysia dukungan pemerintah terhadap pendidikan sangat besar, bahkan pemerintahan Malaysia memberikan kesempatan kepada pelajar Malaysia untuk mendapatkan pinjaman biaya kuliah dari pemerintah, yang nantinya setelah tamat dan kerja dikembalikan dengan cara mencicil, dan bagi yang berprestasi diberikan potongan untuk pengembalian pinjaman,”kata Prof Sulaiman, mengawali sambutannya saat mahasiswa FE UNITA studi banding ke Uni KL yang diterima SIB relis, Kamis, (22/8) pukul 19.30.

Pada kesempatan itu juga, Direktur utama Lovely Holiday Maruli Damanik yang juga penggiat parawisata sumut yang turut mendampingi rombongan UNITA ke Kuala Lumpur menuturkan, bahwa program itu sangat memberikan manfaat utama dalam dua hal, yakni menaik tarafkan UNITA sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang ada di Tapanuli karena dengan adanya program ini dapat bertemu dengan Unversitas kenamaan di Kuala Lumpur, Malaysia dan dapat menjalin kerjasama yang memberikan manfaat bagi kedua Universitas

Turut hadir pihak dosen dari Uni KL yakni Deputi Dean Academic and Technolgy Dr Sheik Mohamad Hizam Sheik Khairudin dan beberpa Ketua Program Studi (Prodi) yang ada di Uni KL Bussiness School. Sedangkan dari FE UNITA yakni Dekan FE UNITA Joan Berlin Damanik SSi MM, PR III Hotlin Siregar SE MM, PD I Herta Manurung SE MM, PD II Delviana RW Sihombing SE MSi, PD III Leonard R Sinaga SE MM, Ka Prodi Manajemen Rosalinda S Sitompul SE MM, Sekretaris Prodi Nurlinawati Simanjuntak SE MM dan dosen Ronal D Sihaloho SE MSi.(REL/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.