KampusMedan – Medan, Koperasi Karyawan Universitas HKBP Nommensen Medan (K2UN) harus jadi role model koperasi di Sumatera Utara, sebagai sebuah wujud dari tata kelola ekonomi yang mengedepankan kebersamaan dan persaudaraan dalam bidang perekonomian.

Hal itu ditegaskan oleh Rektor UHN Medan Dr. Haposan Siallagan SH MH, pada saat memberikan sambutan pada acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) K2UN di Perpustakaan UHN, Jumat (1/02/2019) yang dihadiri oleh semua anggota dari unsur pegawai dan dosen UHN Medan.

Sebagaimana dikatakan oleh Rektor, K2UN adalah sebuah wadah badan usaha yang mengedepankan kebersamaan dan semua anggota punya hak dan kewajiban yang sama. Maka K2UN harus mampu menjadi saluran berkat bagi semua anggotanya dimana K2UN sebelumnya sudah banyak membantu ekonomi anggota. “Harapan saya kedepan, K2UN kalau bisa jadi contoh yang baik dalam pengembangan koperasi sebagai soko guru perekonomian nasional”, harap Rektor sambil memberikan apresiasi khusus kepada pengurus yang telah bekerja keras.

Sementara Ketua K2UN, Drs. Oloan Simanjuntak MM dalam sambutannya mengatakan, agenda RAT ini dilakukan dalam rangka sosialisasi program terbaru, mendengar aspirasi dari semua anggota karena semua anggota punya hak dan kewajiban yang sama. “Dengan adanya RAT ini secara rutin kita lakukan secara periodik, tentu untuk melakukan antispasi terhadap perkembangan terkini. Saat ini K2UN telah punya total aset mencapai Rp 3,5 miliar. Kedepan berbagai terobosan dan usaha akan kita lakukan untuk mensejahrterakan semua anggota. Kesadaran berkoperasi hendaknya kita galakkan dari kampus”, kata Mantan Dekan Fakultas Ekonomi ini.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, tambah Drs. Oloan lagi, bahwa saat ini dunia perkoperasian banyak mati karena mereka tidak paham apa itu fungsi koperasi. “Koperasi harus kita letakkan dalam konteks mensejahterakan semua anggota dengan prinsip dan asas kekeluargaan. Dengan demikian, rasa memiliki ada dalam diri semua anggota. Ini yang kita tumbuhkan dalam mengelola K2UN. Selain itu, transparansi, pertanggung jawaban semuanya kita lakukan terukur karena semua aturan main dilakukan oleh semua pengurus dan anggota”, tegas Drs. Oloan, sembari mengucapkan terima kasih atas kehadiran Dinas Koperasi Kota Medan dan bimbingannya sehingga k2UN adalah salah satu Koerasi yang saat ini tumbuh dan berkembang pesat.

Sementara Kadis Koperasi Kota Medan, Ir. H. Emelia Lubis, dimdapingi para Staf dari Dinas Koperasi Kota Meda,n sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh K2UN. K2UN telah melakukan prinsip tata kelola koperasi dengan benar. “K2UN adalah mitra yang sangat bagus dalam rangka menumbuhkan budaya koerasi di Kota Medan. Pengelolaan koperasi sebagai upaya untuk memakmurkan kesejahteraan semua anggota telah berjalan di K2UN ini. Saya sangat memberikan apresiasi kepada K2UN. Semoga kedepan K2UN semakin besar dan kami siap bermitra dengan K2UN sebagai upaya untuk menggerakkan dan menjadikan koperasi sebagai soko guru ekonomi di negara kita ini, khususnya di lingkungan Pemko Medan”,jelasnya.

Acara RAT ini dihadiri oleh para pengurus seperti Ketua Drs. Oloan Simanjuntak MM, Wakil Ketua Maston Sihaloho, Bendahara Danri T. Siboro SE MSi Ak, Sekretaris Alida Siamanjuntak SPd, Wakil Sekretaris Wailmar Siamnjorang. Sementara dari Unsur pengawas hadir Drs. Viktor H Sianipar MSac, Amran Manurung SE MSi Ak dan Ir. Salomo Simanjuntak MT.(REL/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.