KampusMedan – Medan, Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing didampingi Sekjen HKBP Pdt. Dr. David F Sibuea, melantik Dr. Haposan Siallagan SH MH sebagai Rektor Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan masa bakti 2018-2022, menggantikan Dr. Ir. Sabam Malau di Gereja HKBP Sudirman Medan, Jumat (21/12/2018). Sebelumnya, di tingkat senat Dr. Haposan Siallagan SH MH merai suara terbanyak dengan suara mencapai 29 suara.

Sebelum pelantikan, terlebih dahulu dimulai dengan kebaktian yang dipimpin oleh Pdt. Dr. Martongo Sitinjak, yang menekankan bahwa ilmuan harus lebih dekat kepada Tuhan karena ilmuan belajar tentang kebenaran. “Ilmu dan Pengetahuan bisa dikejar. Tetapi kasih berasal dari Allah sebagai sentral kehidupan. Tuhan Yesus telah memulihkan kemanusiaan kita. Pdt. Dr. Martongo kembali menegaskan Akademisi harus menjujung tinggi kebenaran dan dekat dengan iman”, tegas Pdt. Dr. Martongo Sitinjak yang juga Kadep Koinonia HKBP.

Sementara Ketua L2 DIKTI Prof. Dr. Dian Armanto MA MPd, dalam sambutannya mengatakan bahwa tantangan perguruan tinggi semakin berat. “Kita sangat prihatin dengan kondisi hanya 5% lulusan kita yang diterima ASN. Ini adalah sebuah keprihatinan bersama. UHN harus mengembangkan pola pembelajaran yang mengarah pada penguatan bernalar, mode pembeljaran yang aplikatif, perbaikan kompetensi, mendidik dengan spirit melakukan penemuan baru”, tegas Prof. Dr. Dian Armanto.

Prof. Dian Armanto yakin bahwa UHN bisa melakukan itu karena SDM di UHN sangat bagus. Dian mengharapkan Rektor baru UHN Medan yang baru dilantik ini mampu membuat Prodi A bertambah di UHN, bahkan Akreditasi Perguruan Tinggi kedepan harus A.

Sementara Rektor UHN 2014-2018 Dr. Ir. Sabam Malau, dalam sambutannya memaparkan sedikit progres UHN. Saat ini Doktor di UHN sudah ada 53 dan 72 orang lagi dalam proses kuliah. Bahkan dana Abadi Beasiswa Doktor dan Dana Abadi Beasiswa Mahasiswa meningkat pesat sebagai wujud bahwa UHN sangat peduli dengan orang miskin.

Rektor mengatakan semua pencapaian yang dilakukan sebagai Rektor UHN karena kerjasama team. Bahkan Dr. Ir. Sabam Malau mengatakan bahwa tantangan Rektor di UHN setiap jamannya berbeda, dan semua Rektor di UHN adalah orang yang berhasil. “Dr. Ir. Sabam Malau sangat yakin bahwa Rektor UHN yang akan datang akan mampu melakukan yang terbaik, dan saya siap mendukung”, tegas Rektor Mantan Rektor UHN yang lulus S3 dari Jerman ini.

Sementara Dr. Haposan Siallagan SH MH mengatakan, UHN siap menghadapi tantangan globalisasi dan revolusi 4.0. UHN akan mendoorng lulusannya berkompetensi global. “UHN akan kita dorong menjadi Universitas Riset dan menjadi universitas berjiwa enterpreneurship. Inovasi-inovasi akan kita dorong di UHN ini, tegas Doktor Hukum Tata Negara ini lagi. Bahkan UHN siap jadi bagian dari World Class University. Marilah kita bangaun UHN dengan prinsip harmoni dari daya saing lokal menuju Wolrd Class University. Adapun pilar pengembangan UHN di era globalisasi ini tambah rektor yakni: menghasilkan lulusan bermartabat dan berkarakter, membuat UHN dari Teaching University menjadi Research University, penguatan mutu pengabdian kepada masyarakat, dan peningkatan kapasitas manajemen di lingkungan UHN”, tegas Rektor UHN yang baru dilantik ini optimis.

Dalam acara pelantikan Rektor UHN ini hadir Ketua Yayasan Ir. Nurdin Tampubolon MM, Sekretaris Yayasan Pdt. Dr. Pintor Sitanggang, Bendahara Yaysan Drs. Frans Edward Hutabarat, Kadep Marturia HKBP Pdt. Dr. Anna Vera Pangaribuan, Ketua Pengawas Dr. Manerep Pasaribu, Dra. Pinondang Nababan MM, Prof. Dr. Bilter Sirait, Drs. Golfried E Lubis, Dr. Himsar Ambarita, Viktor Silaen SE MM, Drs. Monang Siburian. Mantan Rektor seperti Ir. B. Ricson Siamrmata MSEE, Ir. Patar Pasaribu, Dipl Trop, dan Dr. Ir. Jongkers Tampubolon MSc juga hadir. Tokoh masyarakat yang hadir seperti Prof. Dr. Albiner Siagian MS, Dr. RE nainggolan, Jadi Pane SPd dan berbagai pejabat dari lingkungan Pemko Medan dan Pemprovsu, serta perwakilan Polri dan TNI juga hadir.(REL/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.