KampusMedan – Perbaungan, Sejumlah dosen Politeknik Negeri Medan (Polmed) pada tanggal 14 September 2018 yang lalu mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian bertajuk Program Pengabdian Teknologi Tepat Guna (PPTTG) UKM Penggilingan Bumbu di Desa Lubuk Rotan, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, diterima oleh Syahril selaku pengusaha bumbu yang menjadi mitra.

Selaku pengusaha penggilingan bumbu, Syarhril mengakui dalam menjalankan usahanya masih menggunakan mesin penggiling tepung yang telah dimilikinya sebelumnya. Namun karena peruntukannya berbeda, mesin tersebut kurang optimal dalam menggiling bumbu. Sementara tingkat kebutuhan akan bumbu giling cukup tinggi di Desa Lubuk Rotan, mengingat para konsumen harus rela jauh-jauh mendapatkannya ke Kota Perbaungan.

Tim pengabdian Teknologi Tepat Guna Polmed yang diketuai Soni Hestukoro ST MT yang beranggotakan dua orang dosen Polmed yaitu Melvin Bismark Sitorus ST MT dan M. Arif Fadhillah Lubis SHI MSi, merasa terpanggil untuk membatu memecahkan masalah mitra tersebut. Pada kegiatan pengbdian ini disumbangkan sebuah mesin penggiling bumbu dengan penggerak electromotor, sekaligus mengganti peralatan disk mill pada peralatan terdahulu yang telah mengalami kerusakan.

Soni Hestukoro ST MT selaku ketua pengabdian di akhir sesi pengabdian berharap sumbangan perlatalan ini dapat membantu meningkatkan perekonomian mitra. Disisi lain Syahril selaku mitra pengabdian sangat antusias dengan kegiatan pengabdian tersebut, karena mendapatkan solusi atas permasalahan yang dihadapi selama ini.(REL/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.