KampusMedan – Tandem Hilir, Dosen-dosen Politeknik Negeri Medan (Polmed) melaksanakan Program Pengabdian Teknologi Tepat Guna (PPTTG) Kepada Masyarakat di Dusun Pasar Melintang Desa Tandem Hilir II Kabupaten Deli Serdang. Dalam upaya pelaksanaan PPTG pada kesempatan tersebut, mitra program ini adalah Rudi Saputra, Peternak Kambing “Putra Mandiri”.

Menurut Ketua Tim pelaksana Joni Indra ST MMT, program ini dilaksanakan dalam rangka Tridharma Perguruan Tinggi Polmed bidang Pengabdian Kepada Masyarakat yang bertujuan memfasilitasi proses hilirisasi produk teknologi hasil litbang Perguruan Tinggi ke Masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat, meningkatkan sinergi kelembagaan iptek pada berbagai tingkatan baik pusat maupun daerah, meningkatkan produktivitas, nilai tambah, kualitas maupun daya saing produk berbasis iptek. Kemudian membentuk dan memperkuat jaringan antara penghasil teknologi dan pengguna iptek serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Ketua Tim Pelaksana Joni Indra ST MT menyerahkan Mesin Pencacah Rumput kepada Rudi Saputra Peternak Kambing di Desa Tandem Hilir II Kabupaten Deli Serdang

Ia menambahkan, hasil yang dicapai dari kegiatan ini adalah ketersediaan pakan yang stabil, kondisi lingkungan kandang yang sehat dan penanganan kotoran ternak mudah dikeluarkan dari kandang, sehingga tidak menumpuk di dasar kandang, serta 1 unit mesin pencacah rumput yang dapat mencapai produksi pakan 100 kg/jam.

Diharapkan Rudi Saputra sebagai peternak kambing “Putra mandiri” bisa mendorong peternak kambing lainnya untuk menerapkan teknologi yang sama. Ia menjelaskan, bahwa Tim pelaksana PPTTG ini terdiri dari Joni Indra ST MT, Ir. Abdul Basir MT dan Drs. Ansharuddin SST MT.(REL/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.