KampusMedan – Medan, Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) kembali dilaksanakan oleh dosen Politeknik Negeri Medan. Kali ini merupakan pelatihan praktek fisika rangkaian listrik di SMP Swasta Nasrani 3 Medan. Tim dosen diketuai oleh Marlon Tua P. Sibarani ST MT melaksanakan pengabdian ini pada tanggal 18 September 2018.

Pada kegiatan tersebut disampaikan materi pengenalan alat ukur listrik yaitu amperemeter, voltmeter dan multimeter baik analog maupun digital, serta cara mengukur besarnya arus dan tegangan pada rangkaian listrik baik rangkaian tunggal, seri, paralel dan gabungan.

Penyampaian materi pengenalan alat ukur listrik yaitu amperemeter, voltmeter dan multimeter baik analog maupun digital, serta cara mengukur besarnya arus dan tegangan pada rangkaian listrik baik rangkaian tunggal, seri, paralel dan gabungan di SMP Nasrani 3 Medan

Pihak SMP Swasta Nasrani 3 Medan cukup antusias dalam kegiatan ini. Guru dan siswa aktif memperhatikan dan bertanya sehingga mereka tertarik tentang rangkaian listrik. Setelah tim selesai mempraktekkan rangkaian listrik, diadakan evaluasi berupa praktek langsung oleh guru dan siswa. Dari hasil evaluasi, para siswa mengerti dan berhasil merangkai dan mengukur tegangan dan arus listrik.

Pada akhir acara dilakukan penyerahan seluruh peralatan kepada pihak sekolah, yang diterima oleh Antian Napitupulu SPd sebagai Kepala SMP Swasta Nasrani 3 Medan. Tim pengabdian berpesan agar peralatan ini dijaga dengan baik sehingga dapat digunakan untuk tahun ini dan tahun-tahun berikutnya.

Beberapa dosen yang berpartisipasi dalam kegiatan ini antara lain Marlon Tua P. Sibarani ST MT selaku ketua tim pengabdian, Agustina Ginting SSi MHum, dan Drs. Bagus Sinulingga MSi selaku anggota tim pengabdian. Dari pihak sekolah antara lain Antian Napitupulu SPd selaku kepala sekolah serta beberapa guru seperti Erwin Sitorus SPd, Murdiono Siregar SPd dan Charles Marbun SPd.(REL/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.