KampusMedan – Tanjung Morawa, Tim Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) Politeknik Negeri Medan (Polmed) yang dipimpin olek Kristianus Boby AM Siahaan SSi MSc, pada hari Senin 6 Desember 2018, melakukan serah terima hasil kegiatan PKM dengan mitranya Kelompok Tani Setia Kawan yang dipimpin oleh Hotmaringan Sianipar. Kelompok Tani ini merupakan salah satu kelompok tani yang berada di Desa Bangun Sari Baru Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang.

Kelompok Tani Setia Kawan merupakan salah satu dari beberapa kelompok tani yang ada di Desa Bangun Sari Baru. Kelomok tani ini mengelola areal pertanian sekita 2 hektar. Tanaman holtikultura yaitu jagung dan ubi kayu merupakan jenis tanaman yang mereka tanam. Air hujan merupakan satu-satunya sumber air yang mereka harapkan untuk menyiram areal pertanan. Kondisi ini membuat kelompok tani tersebut tidak memiliki pilihan jenis tanaman lain untuk ditanam.

Hasil kegitan PKM ini berupa pembuatan sebuah sumur gali berdiamter 90 cm dengan kedalaman 6 m dan sebuah bak umum berukuran 1 x 0,8 x 0,8 meter. Luaran kegiatan PKM ini diharapkan menjadi solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh Kelompok Tani Setia Kawan, dimana selama ini mereka merasakan hasil penen holtikultura (jagung dan ubi kayu) sangat minim di musim kemarau, bahkan terkadang mereka mengalami kegagalan panen. Sumur dan bak umum ini akan menjadi sumber air yang dapat mereka gunakan untuk mengairi lahan pertanian. Selain itu keberadaan sumur ini juga bermanfaat sebagai sumber air tambahan bagi masyarakat sekitar.

Kegiatan PKM ini dilakukan tim PKM Polmed yang beranggotakan Udur 1 Januari ST MT dan Marlon Tua Sibarani ST MT, sebagai salah satu bagian dari Tri Dharma Peguruan Tinggi. Kegitatan PK mini nantinya dapat ditindaklanjuti dengan kegitan lain yang bersinergi dengan ketersediaan sumur gali ini dan keterbatasan lain yang dirasakan kelompok tani Setia Kawan.(REL/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.