KampusMedan – Langkat, Tim pelaksana Pengabdian Masyarakat pada Desa Binaan (PMDB) Politeknik Negeri Medan (Polmed), melaksanakan pelatihan untuk meningkatan kemampuan menjahit bordir bagi ibu-ibu PKK serta muda-mudi di Desa Mancang Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara.

Setelah melakukan survei sebelumnya, diketahui bahwa masyarakat di Desa mancang tersebut, khususnya kaum ibu menjahit dengan menggunakan bordir tangan. Mencermati kondisi yang masih sangat tradisional tersebut, ditambah dengan keinginan masyarakar, maka Tim PMDB Politeknik diketuai Yuvina ST MT memutuskan untuk melakukan pelatihan penggunaan bordir mesin. Setelah dilakukan pelatihan pada November 2019 lalu, Tim PMDB Polmed menyumbangkan 3 unit mesin bordir tersebut beserta kelengkapannya, termasuk kain, benang dan gunting.


Ketua Tim PMDB Polmed Yuvina ST MT (kanan) menyerahkan bantuan mesin bordir kepada masyarakat Desa Mancang diwakili Kepada Desa, Paidi Irawan (kiri)

“Ada beberapa item yang dibutuhkan masyarakat di Desa Mancang ini untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, namun yang lebih mendesak saat ini dan bisa dengan segera kita wujudkan adalah pelatihan jahir bordir menggunakan mesin bordir kepada 10 remaja putri. Tidak tertutup di masa mendatang dosen Polmed bisa memberikan pelatihan dan bantuan bentuk lain”,ujar Yuvina ST MR.

Warga desa Mancang Kecamatan Selesai Langkat yang diwakili kepala desa Paidi Irawan, mengucapkan terimakasih kepada tim dosen Politeknik Negeri Medan Yuvina ST MT(ketua), Meidi Wani Lestari ST MT dan DR. Hj. Arnita Sitorus. Mereka berharap tim dosen tersebut dapat melaksanakan kegiatan yang serupa atau berbeda secara berkesinambungan di desa mereka dan desa sekitarnya.(REL/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.