KampusMedan – Langkat, Politeknik Negeri Medan (Polmed) melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat pada Desa Binaan (PMDB) di Desa Timbang Lawan, Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat. Tim pengabdian terdiri dari 6 kelompok dengan kegiatan yang berbeda, dan kelompok yang diketuai Ir.Morlan Pardede MT membantu Pemasangan Solar Cell dan perbaikan jalan.

Tim dosen yang diketuai Ir. Morlan Pardede MT dengan anggota Suprianto ST MT, Nicodemus FRH ST MT dan Daniel HSN ST MKom, yang dibantu empat orang mahasiswa, sebelumnya melakukan surve terlebih dahulu, untuk menemukan permasalahan nyata pada lokasi. Permasalahan yang ditemukan adalah rusaknya jalan akses ke lokasi wisata dimana hal ini menjadi kendala para pengunjung yang umumnya menggunakan sepeda motor untuk dapat mengakses lokasi wisata, dan tidak tersedianya sumber listrik di lokasi wisata untuk mengisi batere ponsel.

Setelah berkoordinasi dengan Kepala Dusun setempat yaitu Dedi, dan pengelola wisata pak Ferryan Dani, disepakati permasalahan yang dapat dibantu oleh tim Polmed yaitu pemasangan Solar Cell untuk pengisian baterai ponsel (handphone) pada dua lokasi yaitu pada lokasi Kamar Mandi dan lokasi Warung, serta perbaikan jalan pada satu lokasi menuju tempat wisata air. Setelah diadakan pertemuan dengan Kepala Desa Timbang Lawan, Malik Nasution beserta pengurus, kegiatan pelaksanan pengabdian dilaksanakan pada bulan Desember 2020.Selama pelaksaan tim Polmed beserta warga saling bekerjasama dalam melakukan perbaikan jalan tersebut, sehingga akses jalan kelokasi wisata lebih baik.

Kegiatan Pemasangan Solar Cell

Pelaksanaan pemasangan Solar Cell, diakhiri dengan memberikan panduan pemakaian perangkat pengisi baterei ponsel kepada pengelola, dengan tujuan agar pemasangan Solar Cell untuk pengisian baterai ponsel dapat maksimal digunakan di lokasiwisata. Setelah serangkaian kegiatan selesai, tim pengabdian Polmed kemudian kembali berkoordinasi dengan para pengurus Desa di lokasi tentang kegiatan yang dapat dibantu tahun berikutnya.

“Besar harapan kami dari dosen Politeknik Negeri Medan, agar bantuan yang diberikan melalui program PMDB ini dapat meningkatkan mutu Wisata Air Selang Pangeran, sehingga dapat memberikan daya tarik yang lebih baik lagi baik secara nasional dan internasional. Info kegiatan ini juga bisa disaksikan di https://www.youtube.com/watch?v=KBT-LdxUz3Y&t=266s“,ujar Ir.Morlan Pardede MT. (REL/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.