KampusMedan – Bahorok, Pada hari Jumat Tanggal 18 Desember 2020, Tim PMDB (Pengabdian Masyarakat Desa Binaan) Politeknik Negeri Medan (Polmed) melakukan kegiatan pengabdian di Desa Timbang Lawan, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat.Tim ini melakukan penambahan fasilitas belajar seperti buku-buku, lemari buku dan pompa listrik, wahana mandi bola untuk siswa/i Taman Kanak-Kanak (TK) GER dan Kelompok Bermain (KB) Bunga.

Tim berangkat menuju lokasi yang berada di jalan lintas Binjai-Bahorok ke Desa Timbang Lawan Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, sekitar 76 km dari Medan. Tim diterima kepala desa Timbang Lawan, Malik Nasution, beserta perangkat desa dengan baik.

Adapun kegiatan tim PMDB yang terdiri dari 6 kelompok, masing masing ketua memaparkan pekerjaan yang dilakukan. Demikian juga dengan kelompok 6 yang terdiri dari dosen Politeknik Negeri Medan dengan berbeda disiplin ilmu, juga melibatkan 1 orang tenaga administrasi, 2 orang alumni Teknik Elektronika dan 2 orang mahasiswa aktif di semester 3.

Mengenai pengerjaan ataupun kegiatan yang dilakukan, berupa penambahan fasilitas belajar seperti memberikan rak buku, lemari buku beserta buku-buku pelajaran untuk siswa/i TK dan KB, yang ada di TK GER dan KB Bunga. Disamping itu Tim ini juga memberikan penambahan fasilitas bermain yaitu wahana mandi bola, sehingga dapat menambah kreatifitas belajar dan bermain siswa jika nanti sudah dapat belajar secara langsung di sekolah (TK GER dan KB Bunga), karena pada saat ini seluruh siswa/i masih melakukan pembelajaran secara virtual/daring, dikarenakan situasi covid itu sendiri yang masih merupakan pandemi di daerah tersebut dan jika dilakukan tatap muka, akan melanggar protokol kesehatan.

Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan dana DIPA Politeknik Negeri Medan tahun 2020, melalui unit P3M. Tim/kelompok 6 PMDB adalah dosen Polmed yang terdiri dari Agustina Ginting SS MHum dari Jurusan Teknik Elektro Program Studi Teknik Elektronika sebagai ketua pelaksana, didampingi oleh beberapa anggota antara lain Rosmaida T SE MSi dari Program Studi Akuntansi, Yuvina ST MT dari Program Studi Teknik Elektronika, Meidi Wani Lestari ST MT, ditambah 1 tenaga administrasi, 2 alumni dan 2 mahasiswa aktif Teknik Elektronika semester 3.

Sebelumnya tim PMD dan tim P3M (Pengabdian Penelitian Pada Masyarakat) melakukan survei dengan mendatangi Desa Timbang Lawan. Melalui wawancara dengan perangkat desa, diketahui bahwa kurangnya sarana belajar dan bermain siswa, dikarenakan keterbatasan dana dan alat pendukung lainnya.

Setelah pelaksanaan kegiatan PMDB, Malik Nasution menyampaikan kepada tim PMDM dan lembaga P3M Politeknik Negeri Medan, bahwa pihaknya sangat berterima kasih atas kepedulian dosen Polmed dengan memberikan fasilitas belajar dan bermain siswa/i di TK GER dan KB Bunga berupa rak buku, lemari buku, buku-buku pelajaran anak TK dan KB, wahan mandi bola beserta pompa listrik beserta kelengkapannya, yang dapat digunakan siswa/i.

“Kepala desa juga mengatakan agar jalinan kerjasama ini tidak hanya sampai disini saja, tetapi berkesinambungan di masa yang akan datang, dan tetap dapat menjadi mitra PMDB Polmed. Kami akan senantiasa berusaha membantu masyarakat dengan hadir dan mendengarkan permasalahan yang dihadapi masyarakat, bersinergi dengan dosen lintas disiplin ilmu, membantu dengan mengaplikasikan ilmu yang kami miliki untuk masyarakat sebagai pengabdian”,ujar Agustina Ginting SS MHum.(REL/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.