KampusMedan – Perbaungan, Desa Pematang Sijonam Terletak di Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara. Desa ini berjarak 48.3 km dari Kampus Politeknik Negeri Medan. mata pencaharian penduduk desa ini umumnya bertani. Beberapa diantaranya memiliki usaha sampingan untuk menambah penghasilannya seperti mitra pengabdian dengan usaha kolam ikan nila, mujair, ikan mas dan ikan hias.

Adalah Ponidi selaku mitra pengabdian memiliki 4 kolam dengan rata-rata per kolamnya jumlah ikan yang diternakkan 5000 hingga 6000 ekor untuk ikan nila, mujair, dan ikan mas serta 6000 ekor untuk ikan hias. Adapun kolam ikan yang diusahakan selama ini belum dilengkapi aeratorsebagai penyuplay oksigen untuk kolam. Sementara pertumbuhan ikan yang baik sangat bergantung pada jumlah asupan oksigen yang ada pada kolam ikan, yang dapat dioptimalkan dengan penggunaan aerator (pompa udara) pada kolam.

Tim pengabdian Teknologi Tepat Guna Politeknik Negeri Medan (Polmed). yang diketuai Melvin Bismar Sitorus ST MT, pada tanggal 29 September 2018 yang lalu melakukan kegiatan pengabdian untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut. Tim yang beranggotakan dua orang dsosen yaitu Soni Hestukoro ST MT dan Aulia Salman ST MT memasang instalasi penerangan kolam sekaligus penggerak aerator kolam berbasis energy surya.

Pihak mitra sangat menyambut baik kegiatan tersebut dan berharap dapat diadakan lagi kegiatan yang sama di tahun-tahun mendatang. Pada akhir kegiatan pengabdian, seluruh peralatan yang telas selesai dirakit diserahterimakan kepada Ponidi selaku mitra pengabdian.(REL/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.