KampusMedan – Lubuk Pakam, Tiga dosen Politeknik Negeri Medan mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SD Negeri 108306 Tanjung Garbus Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang, Jumat hingga Sabtu, tanggal 19 dan 20 Oktober 2018.

Ketiga dosen tersebut adalah Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Junaidi ST MT, didampingi dua anggota yaitu Ir Elferida Hutajulu MT dan Henry H.L.Toruan ST MT. Tim Pengabdian Masyarakat tersebut berbagi ilmu pengetahuan dengan guru-guru SD Negeri 108306 Tanjung Garbus Lubuk Pakam, dengan mengadakan pelatihan penggunaan Scratch untuk membuat video materi ajar buat anak didiknya.

Tim Pengabdian membimbing pembuatan presentasi materi ajar menggunakan scratch 2 Offline Editor untuk materi dasar di hari pertama dan materi lanjut di hari kedua menggunakan komputer yang ada di sekolah.

Peserta pada pelatihan ini adalah para guru SD Negeri 108306 Tanjung Garbus Lubuk Pakam sebanyak 14 orang. Pada hari pertama, tim pengabdian menjelaskan dan membimbing peserta mengenal dan mengoperasikan software scratch untuk membuat video dasar, meliputi materi tentang pengenalan scratch, fungsinya dan membuat video sederhana. Selanjutnya tim pengabdian menggelar latihan membuat video dasar bagi para peserta.

Pada hari kedua, tim pengabdian menjelaskan dan membimbing peserta mengoperasikan software scratch untuk membuat video lanjut, meliputi pembuatan video cerita dan animasi serta video untuk materi wawasan dan kemampuan dasar membuat video materi ajar menggunakan scratch.

Tim pengabdian menyarankan agar penyampaian presentasi materi ajar yang mengandung video animasi buat siswa SD dengan infokus sebaiknya menggunakan laptop, agar pemahaman siswa lebih baik lagi, karena ada ketertarikan mereka menyaksikan presentasi yang apik. Rencana tahap berikutnya dari tim pengabdian masyarakat ini adalah melakukan pelatihan pembuatan materi ajar menggunakan scratch di SD sekitar Deli Serdang.

Berdasarkan keterangan Kepala Sekolah SD Negeri 108306 Tanjung Garbus Lubuk Pakam, Linawaty TampubolonMPd, bahwa umumnya sekolah SD Negeri di sekitar Lubuk Pakam yang memiliki infokus sangat terbatas, dan kemampuan para guru untuk membuat video bahan ajar sama sekali belum ada.

Oleh sebab itu, Tim Pengabdian Masyarakat dari Politeknik Negeri Medan ini berencana akan membuat kegiatan yang sama di sekolah SD Lubuk Pakam sekitarnya untuk masa-masa mendatang, sehingga ketertarikan peserta didik akan meningkat belajar di kelas.(REL/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.