KampusMedan – Medan, Tim Pengabdian Politeknik Negeri Medan (Polmed)  yang terdiri dari 3 orang dosen, yaitu Henry H. L. Toruan ST MT, Junaidi ST MT, Ir. Elferida Hutajulu MT dan 2 orang mahasiswa semester 3 yaitu Reinhard Ambrosius Sitinjak dan Anne Malum Simanjuntak, berbagi ilmu pengetahuan dengan pihak SMK Tunas Pelita Binjai dengan mengadakan pelatihan tentang penggunaan proteus untuk membuat simulasi rangkaian elektronika dasar pada hari Selasa – Rabu tanggal 19 – 20 Nopember 2019 di laboratorium komputer SMK Tunas Pelita Binjai. Kegiatan ini didanai oleh DIPA Politeknik Negeri Medan tahun 2019.

Tim Pengabdian memperkenalkan proteus 7 serta membimbing peserta dalam pembuatan simulasi rangkaian elektronika analog dan digital dasar di hari pertama, dan mengadakan latihan serta membahas latihan yang diberikan di hari kedua menggunakan komputer yang telah disiapkan pihak sekolah. Peserta pada pelatihan ini adalah para guru SMK Tunas Pelita Binjai dibidang kelistrikan sebanyak 7 (tujuh) orang dan siswa sebanyak 13 (tigabelas) orang.

Pada hari pertama tim menjelaskan dan membimbing peserta mengenal dan mengoperasikan software Proteus untuk membuat simulasi yang meliputi materi tentang pengenalan Proteus, pemahaman fungsi dan menu serta pembuatan simulasi rangkaian elektronika analog dan digital dasar. Penyampaian perkenalan aplikasi simulator yang lain berupa Electronic Workbench dan Live wire disampaikan oleh mahasiswa Anne dan Reinhard untuk membandingkan penggunaan proteus dalam mensimulasi rangkaian penyiarah empat dioda serta menambah wawasan peserta tentang aplikasi simulator rangkaian elektronika.

Pada hari kedua, tim pengabdian pada masyarakat membuat suatu latihan tentang rangkaian penguat inverting op-amp dan aplikasi jembatan wheatstone bagi para peserta untuk melihat kemampuan mereka dalam memahami penggunaan proteus ini. Pada hari pertama tim pengabdian pada masyarakat menyebarkan kuisioner pada peserta sebelum pelatihan dimulai. Pada hari kedua tim pengabdian pada masyarakat menyebarkan kuisioner yang isinya sama dengan yang disebarkan hari pertama pada peserta.

Dari hasil kuisioner yang disebarkan, dapat dilihat bahwa para peserta mengalami peningkatan dalam katagori sangat baik dalam pengenalan software simulasi rangkaian elektronika dari 5 % menjadi 15%, pemahaman lembar kerja proteus untuk simulasi rangkaian dari 0 % menjadi 65%, penggunaan proteus untuk simulasi rangkaian elektronika analog sederhana dari 0 % menjadi 45 %, dan penggunaan proteus untuk simulasi rangkaian elektronika digital sederhana dari 0 % menjadi 30 %. Partisipasi mitra SMK
Tunas Pelita Binjai dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan ini sangat antusias dengan mempersiapkan ruang praktek komputer sebagai tempat kegiatan pelatihan ini serta berperan aktif sebagai peserta. Setelah selesai kegiatan tim pengabdian menyerahkan proyektor sebagai tanda mata menambah proyektor yang ada dalam menunjang pembelajaran di sekolah.

Kepala sekolah SMK Tunas Pelita Binjai, Emri Yulizal Ardi SPd, sangat bersyukur dengan dipilihnya sekolah mereka sebagai mitra dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dan menyampaikan banyak terimakasih, karena pihak sekolah telah mendapatkan peningkatan kemampuan dalam menggunakan proteus untuk membuat simulasi rangkaian elektronika, untuk mengatasi kekurangan perangkat praktek di laboratorium dan mendapatkan tambahan proyektor untuk digunakan sebagai media pembelajaran di
sekolah mereka.(REL/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.