KampusMedan – Medan, Sejumlah dosen Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Medan (Polmed) yang terdiri dari Dr. Rini Indahwati SE Ak MSi CA, Dra. Rumnasari MSi dan Dra. Ermyna Seri MHum, pada tanggal 14 November melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berjudul PKM Pelatihan Penguatan Entrepreneurship pada Warispa Kecamatan Medan Johor. Khalayak sasaran pada kegiatan ini adalah Wadah Remaja Islam Pengajian Akbar (Warispa) Kecamatan Medan Johor.

Kegiatan dimulai sejak pukul 07.30 dan secara langsung dibuka oleh Camat Medan Johor, Zulfakhri Ahmadi SSos, didampingi oleh Ketua Warispa Kecamatan Medan Johor, M. Husein Lubis. Hadir pula pada kegiatan ini, Sekretaris Camat Medan Johor, Nimelda Purba SH, juga Ketua Warispa Kota Medan Ahmad Aliandi.

Suasana acara yang santai tapi interaktif dipandu moderator Cahyo Pramono MBA

Adapun yang menjadi narasumber pada sesi pertama dari kegiatan ini adalah Mardelia Desfrida SE MSi dengan materi “Mind Power dan Entrepreneurship”. Materi ini membahas tentang penggunaan kekuatan pikiran untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan di kalangan remaja yang tergabung dalam organisasi Warispa. Kekuatan pikiran dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan melalui tahapan-tahapan, seperti menspesifikasikan keinginan peserta dalam hal kewirausahaan.

Semakin sering melakukan self-talk sehingga tercipta sugesti positif untuk mencapai keinginan, memvisualisasikan keinginan yang sudah ditargetkan, menciptakan perasaan positif ketika kita mampu menjadi seorang entrepreneur, melakukan hal tersebut secara berulang-ulang sehingga ada dorongan dalam diri untuk melakukan tindakan-tindakan terkait pengembangan bisnis.

Foto bersama Dosen Akuntansi Polmed dengan peserta usai acara

Sesi kedua menghadirkan pengusaha muda yang bernama Zubair Farouq Nasution (9 tahun), yang merupakan pelaku usaha sejak usia 7 tahun. Farouq didampingi oleh Ayahnya, Zaki Nasution dan menghadirkan Cahyo Pramono MBA sebagai moderator. Peserta diminta untuk duduk di kursi dan membentuk lingkaran, sehingga bisa terjadi dialog yang santai dan rileks.

Moderator menanyakan beberapa hal kepada Farouq, seperti kapan mulai membuka usaha, mengapa ingin menjadi pengusaha, halangan dan rintangan ketika mau mulai usaha. Jawaban-jawaban Farouq sangat khas anak kecil, namun memberikan energi positif pada peserta pelatihan. Kegiatan ditutup pada pukul 12.30 dengan foto bersama dan ramah tamah.

Camat Medan Johor Zulfakhri Ahmadi SSos menyambut positif PKM Entrepreneurship yang diberikan dosen-dosen Akuntansi Polmed kepada Warispa. Ia berharap melalui kegiatan tersebut Warispa termotivasi dan mampu menghasilkan terobosan baru di wilayah kerjanya.(REL/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.