KampusMedan – Medan, Dirjen Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM RI Dr. Freddy Haris ACCS memberikan kuliah umum di Fakultas Hukum Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan, dengan topik “tantangan dan peluang berinovasi dan mengkomersilkan hasil inovasi perguruan tinggi” di Ruang Perpustakaan UHN Medan, Kamis (12/09/2019). Adapun latar belakang kuliah umum yang di fasilitasi oleh Fakultas Hukum dan Magister Hukum Pascasarjana UHN Medan ini, adalah dalam rangka peringatan Dies Natalis UHN Medan yang ke-65. Bertindak sebagai moderator dalam kuliah umum ini adalah salah satu Pakar Hukum Tata Negara UHN Medan Dr. Budiman NPD Sinaga SH MH.

Dalam sambutannya mewakili Rektor UHN Medan Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Richard Napitupulu ST MT mengatakan, sangat berterima kasih kepad Dirjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI yang sudah bersedia menjadi narasumber dalam kuliah umum ini. “Saat ini banyak capaian yang sudah kita lakukan dalam hal inovasi dan kreativitas. Kami terus berbenah dengan berbagai inovasi dan salah satu inovasi yang kami lakukan saat ini adalah becak listrik hasil kerjasama kami dengan PLN. Bahkan saat ini studi banding terus kita lakukan dalam rangka inovasi. Kita terus melakukan pembenahan agar UHN mampu menciptakan berbagai inovasi yang membangun”, tegas Wakil Rektor I Bidang Akademik ini lagi.

Ia sangat berharap, melalui kuliah umum ini, bisa termotivasi betapa prospek inovasi untuk kita daftarkan di kementerian Hukum dan HAM RI sangat terbuka. “Saat ini kita sudah paham mekanismenya dan kita ahrus punya kesadaran akan Hak kekayaan Intelektual ini, tegas Wakil Rektor I lagi.

Sementara Ketua Prodi Magister Hukum Pascasarjana UHN Medan Dr. Janpatar Simamora SH MH, yang juga salah satu menginisiasi acara ini, sangat bangga dan berterima kasih kepada Dr. Freddy Harris ACCS yang telah meluangka waktunya. “Kedepan akan kita bangun lagi kerjasama dalam bentuk MoU dan MoA untuk pengembangan inovasi di UHN Medan”,tegas Dr. Janpatar Pakar Hukum Tata Negara ini lagi.

Dalam paparannya Dr. Freddy Harris ACCS mengajak semua akademisi UHN Medan untuk bisa punya inovasi dan kreasi, agar bisa didaftarkan di Dirjen Kekayaan Intelektual. “Kita sangat menunggu UHN segera melakukan berbagai inovasi. Tidak ada alasan kita tidak inovatif, kita semua bisa dan saya harapkan semua dosen di UHN bisa menjadi inovator yang tangguh. Dalam berinovasi kita mengenal konsep ATM, yakni amati, tiru dan modifikasi. Dengan menjadi manusia ATM awalnya kita bisa lebih inovatif dan kreatif selajutnya”, tegas Dr. Freddy Harris.

Di akhir paparannya, Freddy Harrsi mengajak semua mahasiswa untuk jadi insan yang inovatif dan kreatif sebagai upaya menghadapi tantangan jaman yang makin maju. “Apalagi di era industri 4.0 saat ini banyak kearifan lokal yang bisa kita inovasikan sebagai sebuah produk yang punya prospek bagus”, tegas Freddy Harris lagi.(REL/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.