KampusMedan – Binjai, Sebagai upaya meningkatkan minat baca dan pemahaman atau literasi ekonomi khususnya tentang Bank Indonesia (BI), Kepala Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sumut, Wiwiek Sisto Widayat meresmikan BI Corner SMAN 1 Binjai, di sekolah tersebut, jalan WR.Soepratman Kota Binjai, Senin (27/1/2020).Wiwiek Sisto Widayat mengatakan, peresmian BI Corner ini merupakan komitmen BI dalam meningkatkan literasi kepada masyarakat khusunya kepada para siswa SMA/SMK dan para guru.

“BI Corner SMAN 1 Binjai ini merupakan yang ke-17 di Sumatera Utara yang kita bantu dan diresmikan. Target kitan akan menghadirkan 1.000 BI Corner di Indonesia dimana saat ini sudah ada 800 BI Corner. Harapan kami, dengan adanya BI Corner yang semakin merata dan semakin banyak, masyarakat akan mengetahui apa itu Bank Indonesia (BI),” ujar Wiwiek dihadapan Kepala Sekolah SMAN1 Binjai dan Kepala Dinas Pendidikan Stabat& Binjai, Ichsanul Arifin Siregar SSTP serta para siswa dan guru SMAN1 Binjai.

Wiwiek mengungkapkan, program BI Corner merupakan bagian dari bentuk kepedulian sosial BI (PPBI), dimana sejak tahun 2017 BI melakukan transformasi fungsinya dalam masyarakat selain meningkatkan sektor ekonomi dan sumber daya manusia (SDM).

Meskipun sudah 30 tahun lebih mengabdi di BI, Wiwiek mengaku masih ada masyarakat yang belum mengerti apa itu BI. Untuk itu, dia berharap masyarakat mengetahui apa tugas-tugas pokok BI, baik bagaimana mengelola kebijakan moneter hingga mengendalikan inflasi.“Kita ingin masyarakat mengetahui tugas BI, bagaimana mengelola kebijakan moneter, mengelola perekonomian, mengelola makroprudensial, mengelola sistem perbankan, sistem pembayaran. Itu semua diharapkan bisa dipahami paling tidak dimengerti masyarakat”, ungkapnya.

Wiwiek menambahkan, masyarakat juga diharapkan mengerti bahwa tugas BI bukan hanya itu. Tetapi ada tugas kebijakan-kebijakan BI yang juga sangat penting di dalam upaya mendorong perekonomian, stabilisasi harga, dan terutama menjaga inflasi.“Tugas-tugas BI yang spesifik seperti itu, masih banyak masyarakat yang tidak tahu, begitu juga anak-anak sekolah. Nah, pemahaman seperti itu kita sampaikan lewat BI Corner yang menyediakan literatur buku-buku tentang ekonomi dan tentang BI,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Binjai Susianto SPd MSi menyampaikan terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh BI dengan diresmikannya BI Corner SMAN 1 Binjai.“Ini merupakan suatu kehormatan bagi kami, mendapat satu akses media pembelajaran bagi peserta didik kami dan guru-guru. Selain itu juga menambah literasi dan literatur tentang keekonomian di SMAN 1 Binjai”, ujarnya.

Menurutnya, para siswa sangat antusias menyambut kehadiran BI Corner tersebut. Bahkan, meskipun belum diresmikan para siswa sangat antusias untuk membaca buku-buku tentang ekonomi dan BI tersebut.“Ini belum diresmikan Wiwiek, anak-anak siswa kita sangat antusias mengunjungi BI Corner. Ada 303 judul buku, dan kunjungan setiap hari rata-rata 60-80 tercatat di buku tamu, mereka sangat antusian sekali membacanya. Ini suatu kebanggaan bagi SMAN 1 Binjai karena bantuan BI Corner ini sangat
bermanfaat”, ungkap Susianto.(REL/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.