KampusMedan – Medan, Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) Provinsi Sumatera Utara, menyelenggarakan Webinar sebagai upaya melaksanakan fungsinya. Webinar ini mengambil tema “Strategi Menulis Buku Ber-ISBN”, dimana narasumber dalam acara ini Dr. Janner Simarmata, moderator Dr. Muhammad Iqbal. Kegiatan Webinar ini berlangsung secara daring menggunakan Aplikasi Google Meet, dimulai pukul 09.00 WIB, Senin (18/5/2020).

Acara ini dibuka oleh Ketua Aptikom Sumut Dr. Poltak Sihombing, dengan menyampaikan terima kasih kepada peserta. Kegiatan ini diharapkan dapat menambah literasi pengetahuan dalam kepenulisan buku.“Ia meminta setelah kegiatan ini, semua peserta yang ikut hadir dalam cara workshop daring ini sudah bisa membuat buku,” ucapnya.

Muhammad Iqbal menjelaskan alasan pemilihan tema ini, dikarenakan peserta yang sebagian besar adalah dosen dan pastinya memiliki kewajiban dalam menghasilkan buku.“Semua bidang-bidang yang ada dibawah Aptikom diusahakan membuat kegiatan selama work from wprking ini, salah satunya Bidang Haki dan Buku,” pungkasnya.

Janner Simarmata sebagai pemateri tunggal dalam workshop ini menjelaskan, bahwa kita dosen harus bisa menulis dan harus memulai kegiatan menulis.“Walaupun permulaan untuk menulis adalah hal yan tersulit untuk dilakukan,” sambungnya.

Ia menekankan, ide atau Judul dari buku adalah hal yang paling penting dalam memulai menulis sebuah buku, karena dari ide tersebut akan berkembang.“Lalu menentukan judul atau topik apa yang akan dibuat dan sekaligus membuat outline/kerangka buku agar menjadi acuan dalam mengembangkan isi dari buku yang akan kita tulis,” imbuhnya..

Peserta Webinar ini diikuti lebih dari 200 peserta dari seluruh Indonesia dan perguruan tinggi, dan pertanyaan-pertanyaan banyak yang disampaikan ke narasumber, sehingga jadwal webinar yang seharusnya berakhir pada pukul 11.30 harus molor dari jadwal semula karena antusiasnnya peserta.

Rasyid Linaga Liwang yang berasal dari Sulawesi, menanyakan tentang apa yang harus dipersiapkan untuk menulis secara kolaborasi dan komitmen dalam menulis, sedangkan Muntiyono dari Bandung menanyakan syarat-syarat yang harus dipersiapkan untuk mendaftarkan buku agar mendapatkan ISBN dari Perpustakaan Nasional.

Diakhir acara Dr. Poltak Sihombing selaku Ketua APTIKOM Provinsi Sumatera Utara menutup kegiatan ini dengan memberikan apresiasi kepada Panitia, Narasumber dan peserta.“Acara ini sungguh bermanfaat dan sukses, terlihat dari banyaknya peserta dan pertanyaan-pertanyaa, kedepannya semoga acara serupa dapat dilaksanakan lagi untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat luas”, tandasnya.(REL/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.