KampusMedan – Tigaras, Kapal Penumpang KM Sinar Bangun dari Pulau Samosir tepatnya Simanindo, Kabupaten Samosir,  menuju Tigaras, Kabupaten Simalungun, Sumut tenggelam akibat angin kencang dan ombak besar. Kapal tersebut sarat penumpang dan kendaraan roda dua. Hingga berita ini diturunkan, ditemukan satu orang penumpang tewas perempuan berinisial Y, puluhan penumpang selamat dievakuasi ke puskesmas dan rumah sakit terdekat.

Berdasarkan informasi kapal  tersebut membawa 80 orang lebih penumpang. Informasi warga menyebut kapal berangkat dari Simanindo pukul 17.00 WIB.Kapal tenggelam dihantam ombak Danau Toba dan angin.Padahal kapal baru bertolak dari Simanindo dan masih berada di perairan sekitar Pulau Tao, Simanindo.

Tiga orang korban selamat saat ini dirawat di Rumah Sakit Dr.Hadrianus Sinaga di Tigaras, masing-masing Hermando Lingga, pria (24) alamat Dusun I Pardamean Tanjung Morawa Deli Serdang, Rahman Syahputra, pria (22), alamat Dusun IV Desa Sukaraja Kecamatan Air Putih Batubara, Santika (20) dalam keadaan hamil dan masih dalam kondisi trauma, sedangkan suaminya belum ditemukan, mengatakan kapal diduga kelebihan penumpang, yang menurutnya mencapai 100 orang lebih.

“Kapal yang kami tumpangi sudah berlayar selama 30 menit dari Simanindo menuju Tigaras. Sesaat sebelum kejadian, kapal oleng dan terbalik selanjutnya tenggelam. Saat kejadian angin sangat kencang dan ombak besar, apalagi jumlah penumpang dan kendaraan roda dua sangat padat. Penumpang aja saya perkirakan lebih dari 100 orang. Begitu air menggenangi bagian bawah kapal penumpang panik, tidak lama kemudian kapal terbalik. Para penumpang berhamburan dan melompat ke Danau Toba”,ujar Hermando Lingga.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Samosir, Maher Tamba, ketika dikonfirmasi, membenarkan peristiwa ini dan sudah lima orang diselamatkan dan dibawa ke Puskesmas Daerah Simanindo. “Benar ada kapal kayu terbalik dari Pelabuhan Simanindo menuju Tigaras. Kapal terbalik akibat tali kemudi putus,” kata Mahler, Senin (18/6).

Sementara itu, Kasubbid Penmas Humas Polda AKBP MP Nainggolan membenarkan bahwa pada hari Senin 18 Juni 2018, sekitar pukul 17.30 WIB telah tenggelam Kapal Kayu KM Sinar Bangun dengan jumlah penumpang sekitar 70 orang.”Selain itu, Tim BASARNAS dan Personil Unit Markas Danau Toba, penyelam telah berangkat dari Pelabuhan Ajibata menuju Tigaras/TKP dengan menggunakan kapal Basarnas,” jelas MP Nainggolan.

Hingga kini Polair Samosir, Kanit Markas Danau Toba, Tim Basarnas masih terus melakukan pencarian terhadap para korban yang diduga tenggelam dalam kejadian tersebut.(RED/DTC/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.