KampusMedan – Lubuk Pakam, Sebagai salah satu perguruan tinggi yang sedang berkembang di Deliserdang, Sumatera Utara, Akademi Teknik Deli Sedang (ATDS) Lubuk Pakam mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Sukamandi Hulu, Kecamatan Pagar Merbau, Kabupaten Deli Serdang, Sabtu (20/7/2019).

Kegiatan ini merupakan bagian dari tri dharma perguruan tinggi yang menjadi bagian kewajiban setelah pendidikan dan penelitian.Dihadapan masyarakat, yang juga hadir Kepala Desa Sukamandi Hulu, Abdullah dan Pengurus P3A (Pengorganisasian Petani Pengguna Air) dan Kelompok Tani. Ke depan sudah disepakati kegiatan ini akan dilakukan secara rutin dan ATDS siap bermitra dalam membangun desa Sukamandi Hulu.

Hal itu disampaikan Direktur ATDS Joel Panjaitan, ST, MT saat membuka kegiata tersebut di Kantor Desa Sukamandi Hulu.”ATDS terus berbenah untuk meningkatkan kualitas baik di dalam maupun di luar kampus,” kata Joel Panjaitan yang hadir bersama Ketua Pelaksana Ir Ronald Naibaho,MSi, Ketua LPPM Ir Darwil MT dan rombongan lainnya.

Dijelaskan Joel, ATDS kini memiliki 4 program studi (Sipil, Mesin, Elektro dan Industri). Dalam upaya pembangunan desa, sebagaimana program pemerintahan Presiden Joko Widodo aparatur desa dan generasi milenial harus memahami arah program pembangunan pemerintah pusat dan dapat mengintegrasikannya dengan kebutuhan pembangunan di desa.ATDS kini hadir, lanjutnya, untuk memberikan peluang bagi masyarakat maupun aparat desa. “Kami sudah berbenah, dan itu untuk ibu da bapak sekalian demi desa kita yang tercinta ini. Kita harus sama-sama membangun daerah dimana kita hidup,” katanya.

Kemudian ditambahkan Ronald Naibaho, ke depan progres pembangunan desa ada ditangan para aparatur desa yang turut dibantu dan diawasi para warga. “Bagaimana dengan anggaran dana desa yang harus dikelola untuk pembangunan desa. Maka aparatur desa harus paham dan mengerti dan mampu untuk merencanakan penganggaran, melaksanakan dan mengawasi Program Pembangunan di Desa. Dan SDM itu bisa diperoleh dengan Kuliah di Prodi Teknik Sipil ATDS,” ujar Ronald.

Sementara itu, pada kesempatan itu juga diadakan pemaparan tentang pengelolaan sampan oleh Ketua LPPM ATDS Ir. Darwil MT dan Paparan tentang Desa Mandiri dan Perkoperasian oleh Ketua Pelaksanaa Bp. Ir. Ronald Naibaho MSi.

Mewakili warga yang hadir, Kepala Desa, Abdullah menyampaikan terima kasih kepada ATDS yang menjadikan daerahnya sebagai sasaran pengabdian perguruan tinggi. “Ini bagaikan gayung bersambut, selama ini kami yang datang ke kampus di Medan. Tapi ATDS datang menjumpai kami. Semoga rakyat kami yang 1600 Warga yang 95 persen adalah petani dapat terbantu,” katanya.

Diakhir pertemuan, disampaikan Direktur Joel Panjaitan bahwa ATDS memberikan beasiswa 100% uang kuliah di Tahun Pertama tahu ajaran baru untuk 10 orang setiap Prodi. “Jadi, kuliah tiga tahun, bayarnya hanya dua tahun. Ini adalah bentuk apresiasi dan dukungan kami bagi calon mahasiswa yang berprestasi,” katanya. Ingin mendapatkan informasi lanjut, bisa menghubungi 0812 6947 0059. (REL/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.