KampusMedan – Jakarta, Koperasi Astra International tahun ini kembali mewujudkan komitmen tahunan ke-19 berupa penyerahan beasiswa senilai Rp7,93 miliar kepada 4.500 anak anggota koperasi yang berprestasi di bidangnya.

“Dengan mengusung tema Inspiring The Nation, program beasiswa ini diharapkan dapat memotivasi siswa-siswi agar dapat menjadi inspirasi bagi keluarga dan lingkungan sekitarnya yang pada akhirnya dapat berkontribusi untuk bangsa,” tutur Ketua Umum Pengurus Koperasi Astra, Pongki Pamungkas.

Apabila dibandingkan dengan tahun 2018, Koperasi Astra menambah jumlah beasiswa sebesar 3,4% menjadi Rp7,93 miliar dari Rp7,67 miliar. Seiring dengan penambahan jumlah beasiswa, jumlah penerima pun meningkat 4,6% menjadi 4.500 siswa-siswi dari 4.300 tahun lalu. Apabila diakumulasikan sejak awal program beasiswa tersebut tahun 2001, total nilai beasiswa dari Koperasi Astra mencapai Rp61,93 miliar dengan jumlah penerima mencapai 39.524 anak anggota.Koperasi Astra yang telah berdiri sejak tahun 1990 merupakan koperasi primer nasional dengan anggota sebanyak 86.726, dengan total aset mencapai Rp1,29 triliun.

Digitalisasi Produk & Layanan

Peranan para anggota menentukan keberhasilan pengembangan Koperasi Astra. Untuk memberikan inovasi terbaru, Koperasi Astra berencana akan melakukan digitalisasi terhadap layanan produk dan program Koperasi Astra.

Koperasi Astra akan meluncurkan mobile apps, layanan pinjaman dan pendaftaran anggota baru dipermudah melalui aplikasi tersebut. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, Koperasi Astra menambahkan fitur layanannya untuk memenuhi kebutuhan para anggota, seperti halnya dengan pengisian pulsa, pembayaran listik, hingga pemesanan tiket pesawat.

Salah satu wujud digitalisasi yang telah diterapkan ialah dengan mengubah pendaftaran beasiswa secara online. Langkah digitalisasi produk ini sejalan dengan strategi dari Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.

Kementerian Koperasi dan UKM mencatat UMKM di Indonesia saat ini menyumbang 60% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 60%. Menurut Kementerian Koperasi dan UKM, peranannya kali ini sangat penting untuk pembangunan Indonesia tahun 2020 – 2024. Salah satunya dengan strategi Revolusi Industri 4.0.

Selain itu, untuk memperluas jaringan usaha, memenuhi kebutuhan para anggota, dan meningkatkan pemasaran produk, Koperasi Astra akan bekerja sama dengan Koperasi Sejahtera Bersama (KSB) untuk menyebarluaskan produk-produk Grup Astra, seperti KAI Gudang Arsip (Asgrafo), tenaga keamanan SIGAP, Gondola Ancol, dan penawaran produk otomotif untuk kendaraan mobil dan motor, serta produk asuransi melalui jaringan pemasaran produk KSB. Tidak hanya itu, bentuk kerja sama ini juga bertujuan untuk
memenuhi kebetuhan pokok untuk lingkungan Astra Group. Demikian juga Koperasi Sejahtera Bersama akan menawarkan produk-produk yang dimiliki kepada Koperasi Astra.(REL/MBB)

Tulis komentar melalui Facebook
Bagikan.