Senin , 16 Juli 2018
Home / Kampus / STIE/STMIK IBBI Teken Kerjasama dengan PT.Central Proteina Prima Tbk dan PT Panin Sekuritas
Ketua STIE IBBI Medan Prof.Dr.Amrin Fauzi (kiri) dan Darmin SE MBA CIMBA (kanan) ketika menandatangani naskah kerjasama, disaksikan Rudi Sudjadi SE MM CIMBA (tengah), Kamis (5/7) di kampus tersebut.

STIE/STMIK IBBI Teken Kerjasama dengan PT.Central Proteina Prima Tbk dan PT Panin Sekuritas

KampusMedan – Medan, STIE/STMIK IBBI Medan menandatangani kerjasama dengan PT.Central Proteina Prima Tbk dan PT.Panin Sekuritas, Kamis (5/7). Kerjasama tersebut mencakup rekrutmen lulusan STMIK/STIE IBBI dan riset skripsi di perusahaan tersebut.Penandatanganan kerjasama tersebut diawali dengan paparan profil kedua perusahaan, kemudian menjelaskan upaya kedua perusahaan tersebut menghadapi revolusi industri 4.0, dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab.

General Manager HRD PT Central Proteina Prima Tbk, Rudi Sudjadi SE MM CIMBA, yang tampil pertama memaparkan profil sebagai produsen pakan ikan, pakan udang dan benur udang.”Pengaruh revolusi industri yang membawa kemajuan teknologi memaksa kami mengurangi penggunaan sumber daya manusia, karena peralatan terbaru mampu mengerjakan pengolahan lebih baik, lebih akurat, lebih cepat. Untuk itu kami terus berbenah mengadopsi dan menghadapi dampak perkembangan teknologi digital kedepan”,ujarnya.

Ketika tiba waktu diskusi, sejumlah dosen dan mahasiswa mengajukan pertanyaan soal teknologi yang digunakan, upaya menghadapi tambahnya kompetitor di bisnis yang sama. Rudi Sudjadi yang juga dosen di sejumlah PTS tersebut mengatakan, awalnya perusahaan mereka juga menjalankan bisnis tambak udang, namun banyaknya masalah yang dihadapi seperti kualitas air laut yang terus menurun, prilaku masyarakat setempat yang menjadi plasma kurang profesional, memaksa mereka menutup usaha dimaksud, dan fokus pada produksi pakan ikan, udang dan pembenihan bibit udang.

Di sesi kedua, Pimpinan PT.Panin Sekuritas Medan, Darmin SE MBA CIMBA, mengatakan revolusi industri 4.0 tidak boleh dilihat hanya dari sisi dampak negatifnya yang tentu akan semakin maju dan meminggirkan sumber daya manusia, tapi juga harus melihat dampak positif yang ditimbulkannya.

“Revolusi industri 4.0 juga bawa berkat, karena revolusi ini memunculkan industri baru. Revolusi industri mendorong velocity of money yang semakin tinggi, dan ini mendorong muncul industri baru, seperti pembiayaan model baru selain bank dan perusahaan leasing. Ali Payment, Go-jek, Ovo memudahkan transaksi kegiatan ekonomi. Kita tidak perlu lagi repot nyimpan uang di bank. Namun bisnis baru ini akan menggerus peranan perbankan”,ujarnya.

Ditanya dosen dan mahasiswa soal transaksi saham dan reksadana, Darmin mengatakan bahwa pihaknya sering menghadapi kendala broker yang kurang aktif dan profesional, maka kadang-kadang perusahaan sekuritas seperti PT.Panin Sekuritas langsung melakukan edukasi kepada masyarakat. “Kita membuat Club Edukasi Investor”,tegasnya.

Menjawab pertanyaan mahasiswa soal kemungkinan mahasiswa menjadi investor, Darmin mengatgakan bahwa perubahan ICT bisa membawa peluang baru bagi mahasiswa, asalkan menguasai pasion yang dimiliki. “Meski tidak punya modal, saat ini bisa buka bisnis, seperti ide dan gagasan apa yang bisa dibuat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi banyak orang. Mahasiswa bisa jadi investor, misalnya hanya dengan Rp100.000 bisa membeli saham atau reksadana”,tambahnya.Darmin minta mahasiswa untuk tetap menjaga profesionalisme, bekerja dengan hati yang melayani, hati yang memberi value kepada banyak orang.

Sebelumnya Dr.Andriasan Sudarso, Sukiman ST MT dan Prof.Amrin Fauzi menyampaikan terimakasih atas kesediaan PT.Central Proteina Prima Tbk dan PT.Panin Sekuritas Medan menjalin kerjasama dengan STIE/STMIk IBBI Medan. Diharapkan kerjasama tersebut dapat dimanfaatkan mahasiswa dan segenap civitas akademi STIE/STMIK IBBI Medan.(RED/MBB)

Check Also

Walikota Medan Buka Kompetisi Basket Liga Mahasiswa dan Resmikan GOR Basket UNPRI

KampusMedan – Medan, Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin MSi membuka kompetisi bola basket Liga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *