Rabu , 25 April 2018
Home / Medan / Binsar Simarmata SS MM: Pemko Medan Harus Berdayakan Ekonomi Digital dan UKM Lainnya
Binsar Simarmata SS MM

Binsar Simarmata SS MM: Pemko Medan Harus Berdayakan Ekonomi Digital dan UKM Lainnya

KampusMedan – Medan, Salah satu tokoh pemuda yang banyak berperan dalam berbagai kegiatan sosial Binsar Simarmata SS MM, mengatakan saat ini Pemko Medan harus melihat peluang ekonomi digital sebagai salah satu untuk menguraringi angka penganggaruan yang semakin tinggi saat ini. Berbagai aturan regulasi harus diberdayakakan bagaimana agar ekonomi digital bisa hidup di Kota Medan. Saat ini masyarakat kita sudah mulai melek internet. Tentu ini jadi kekuatan yang snagat besar bagi warga Kota Medan. Dengan tingkat kecerdasan warga kota Medan yang semakin bagus ini akan jadi modal sosial bagi PemKo Medan.

Binsar Simarmata SS MM mengutip apa yang dikatakan oleh pakar marketing Prof. Rhenald Kasali dengan sebutan model Pertarungan Business Model. Binsar Simarmata mengatakan, siapapun bisa menjadi pemasok Anda, tetapi sekaligus menjadi konsumen Anda. Crowd business kian kencang berputar akibat kemajuan teknologi informasi yang terutama membuat arus informasi mengalir deras dan sekaligus memangkas biaya-biaya transaksi. Dulu kalau kita mau mencari suatu barang mesti menghabiskan waktu, tenaga dan uang. Kita datang ke beberapa toko, melihat barang, membandingkan harganya, dan melakukan tawar-menawar.

Binsar Simarmata juga mengatakan, pemanfaatan teknologi internet telah mengubah mindset (cara berpikir) pelaku bisnis ke arah yang lebih global tanpa harus dibatasi oleh letak geografis dan kondisi. Terjadi perubahan paradigma dan pola pikir dalam pemberdayaan ekonomi konvensional ke arah ekonomi digital. Yang dimaksud ekonomi digital adalah kegiatan ekonomi yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet sebagai alat komunikasi, informasi dan transaksi elektronik. “Berikut beberapa contoh pemanfaatan jaringan internet dalam pemberdayaan ekonomi digital, Menjamurnya usaha jasa Warung Internet, banyaknya pusat pembelajaran online (e-learning), bermunculannya situs jual-beli (e-commerce), hadirnya fasilitas transaksi online oleh perbankan (e-banking)”, tegas Binsar Simarmata.

BInsar Simarmata juga mengatakan sekmator lainnya harus diberdayakan seperti UKM. Akses permodalan kepada pelaku UKM harus dilakukan dengan tujuan mereka bisa berdaya. Disamping itu bimbingan dan arahan harus dilakukan bagi para pelaku UKM agar para pelaku UKM Bisa berdaya sebagai soko guru perekonomian Kota Medan. Binsar Simarmata juga sangat mengharapkan BUMD bisa diberdayakan untuk menambah PAD Kota Medan dan membuka lapangan kerja. Apabila BUMD Kota Medan dikelola dengan profesional dengan baik maka pertumbuhan ekonomi kota Medan akan semakion lebih baik.

Binsar Simarmata juga sangat mengapresiasi berbagai kemajuan yang diraih Kota Medan saat ini dalam bidang ekonomi. “Kita harapkan pertumbuhan ekonomi yang kondusif bisa dipertahankan agar pembangunan Kota Medan bisa lebih baik dan angka pengangguran bisa ditekan lebih baik kedepan. Artinya kolaborasi swasta, Pemko dan masyarakat sangat kita harapkan untuk mensukseskan pebangunan Kota Medan yang sangat kita cintai ini”, tegas Tokoh pemuda dan aktivitas sosial Kota Medan ini.(REL/MBB)

Check Also

LPPD Provsu Gelar Rapat Persiapan Pesparawi Nasional 2018

KampusMedan – Medan, Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) Provinsi Sumatera Utara menggelar rapat perdana bersama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *