Senin , 18 Juni 2018
Home / Kampus / Komisioner KPPU Berikan Kuliah Umum di FH dan FE Nommensen
WR I UHN Dr. Haposan Siallagan MH, Dekan FH, dan Dekan FE foto bersama dengan Komisioner KPPU Pusat Ir. Kamser LumbanrajaMBA setelah selesai memberikan Kuliah umum di UHN

Komisioner KPPU Berikan Kuliah Umum di FH dan FE Nommensen

KampusMedan – Medan, Dalam rangka penguatan wawasan mahasiswa dalam bidang hukum persaingan usaha dengan segala dinamikanya, salah satu komisioner Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Pusat Ir. Kamser Lumbanraja MBA, memberikan kuliah umum di Perpustakaan UHN kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum, yang dimoderatori oleh salah satu Dosen Hukum Bisnis FH UHN Lesson Sihotang SH MH, Rabu (7/03/2018).

Ir. Kamser Lumbanraja MBA dalam paparannya mengatakan, sangat senang atas sambutan UHN ini. Perpaduan teori dan  praktik sangalah penting kalau kita ingin sukses. Kamser mengatakan visi KPPU saat ini adalah terwujud ekonomi nasional yang efisien dan berekadilan untuk kesejahteraan rakyat. “Visi ini perlu didukung oleh misi dimana KPPU punya misi mewujudkan persaingan usaha yang sehat melalui pencegahan dan pendindakan, internalisasi nilai–nilai persaingan usaha, dan penguatan kelembagaan”, tegas Kamser lagi.

Komisioner KPPU Pusat ini mengatakan lagi, bahwa tugas utama KPPU adalah untuk advokasi kebijakan, penegakan hukum, pengendalian merger, dan pengawasan kemitraan. “Melalui visi dan misi, tugas utama dan wewenang menurut UU Nomor 5 tahun 1999 kita harapkan terjadi persaingan usaha yang sehat di Indoensia, dan ini juga harapan Presiden kita Bapak Joko Widodon”, tegas Kamser lagi.

Dekan Fakultas Hukum Jinner Sidauruk SH MHum, dalam sambutannya mengatakan kuliah umum ini sangat penting karena wawasan mahasiswa di FH bisa paham bagaimana itu hukum persaingan usaha. Jinner Sidauruk yang baru terpilih sebagai Dekan FH ini, juga mengatakan kedepan MoU dan MoA akan dilakukan dengan KPPU agar mahasiswa bisa lebih paham mengenai hukum persaingan usaha, bahkan dalam pengerjaan skripsi dan kuliah lapangan bisa juga terwujud dengan baik.

Sementara Dekan FE Drs. Jusmer Sihotang MSi, dalam sambutannya juga mengatakan hal yang sama, bahwa mahassiwa FE UHN saatnya terus kita eduaksi kemampuannya melalui kuliah umum dari praktisi agar kelak mereka bisa paham bagaimana dinamika usaha yang terjadi di lapangan. “Perpaduan antara teori dan praktik adalah sebuah keharusan bagi mahasiwa FE agar kelak  mereka punya kemampuan dalam mengalisa masalah–masalah ekonomi yang bersentuhan dengan hukum”, tegas Dekan lagi.

WR I UHN Dr. Haposan Siallagan SH MH, sangat senang atas kedatangan dari Komisioner KPPU Pusat ini, dan ini adalah sebuah momentum yang sangat penting betapa UHN terus mengemangkan dan menjalin pola kemitraan dengan lembaga-lembaga luar, termasuk KPPU sebagai salah satu wasit yang adil di negara ini.

“Peran dan fungsi KPPU sangat sentral dan penting dalam membangun dunia usaha yang sehat di negara ini, mari terus kita manfaatkan KPPU ini dengan baik agar mahasiswa UHN kelak bisa punya wawasan dan pengetahuan yang luas mengenai hukum persaingan usaha karena langsung diberikan narasumber yang sangat kompeten”, tegas WR I UHN ini.

Kuliah umum ini dikuti oleh para mahassiwa FE dan FH dan dketuai oleh Roida Nababan SH MH. Hadir WD I FE Dr. Jadongan Sijabat MSi dan dosen-dosen FH lainnya seperti Augus Silaen SH MH, Besty Habeahan SH MH.(REL/MBB)

Check Also

Keluarga Besar RSU Royal Prima, UNPRI, RSGM Prima Gelar Buka Puasa Bersama Anak Yatim se-Kota Medan

KampusMedan – Medan, Keluarga besar Rumah Sakit Umum (RSU) Royal Prima, Universitas Prima Indonesia (UNPRI) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *