Sabtu , 20 Januari 2018
Home / Ragam / Ketika Kampung Berseri Astra Cengkeh Turi jadi Role Model Pembangunan Kota Binjai
Walikota Binjai HM Idaham SH MSi (tengah) didampingi Lurah Kelurahan Cengkeh Turi Nur Aziani (kiri) dan Kepala Lingkungan VI Tri Suci Aryanti (kanan), menjelaskan bahwa Pemko Binjai sudah menetapkan Kampung Berseri Astra Kelurahan Cengkeh Turi jadi Role Pembangunan di Kota Binjai

Ketika Kampung Berseri Astra Cengkeh Turi jadi Role Model Pembangunan Kota Binjai

KampusMedan – Medan, Usai Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Astra Internasional mendeklarasikan “Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas” (IAABL) di Kampung Berseri Astra (KBA) di Kelurahan Cengkeh Turi Kecamatan Binjai Utara Kota Binjai Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Minggu (24/9/2017), sejumlah lurah di kawasan Binjai pun melakukan protes kepada Walikota Binjai, HM Idaham SH MSi.

Usut punya usut, protest tersebut dipicu kecemburuan kelurahan lain karena hanya Kelurahan Cengkeh Turi yang ditetapkan sebagai Kampung Berseri Astra. Sejumlah lurah di kawasan Binjai tersebut juga sangat menginginkan kelurahan mereka dijadikan Kampung Berseri Astra, dimana Lingkungan VI Kelurahan Cengkeh Turi mampu menginspirasi kelurahan dan lingkungan lain untuk meniru dan melaksanakan program pembangunan yang sudah diimplementasikan.

Kecemburuan atas KBA Cengkeh Turi membuat Walikota Binjai HM Idaham SH MSi melakukan peninjauan langsung, bagaimana Astra mendorong sektor pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup dan UKM di Lingkungan VI Kelurahan Cengkeh Turi setelah 2 tahun dibina Astra.

Ketika penulis mewawancarai Walikota Binjai, HM Idaham SH MSi, didampingi Lurah Nur Aziani dan Kepala Lingkungan  VI Tri Suci Aryanti, Selasa (19/12/2017), dijelaskan bahwa Pemko Medan pun menetapkan KBA Cengkeh Turi jadi Role Model pembangunan kelurahan lain di Binjai, karena KBA Cengkeh Turi mampu menginspirasi lingkungan lain di Kelurahan Cengkeh Turi, bahkan kelurahan lainnya untuk melakukan hal yang sama.

“Kami sangat mengapresiasi program Astra membantu pertumbuhan kehidupan warga Lingkungan VI  Kelurahan Cengkeh Turi. Karena program KBA tersebut bagus, dan mampu menginspirasi lingkungan dan kelurahan lain, maka kami sudah menetapkan KBA Cengkeh Turi jadi Role Model pembangunan di daerah ini, baik pada sisi pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, sosial dan Usaha Kecil Menengah (UKM). Kami akan segera melakukan peninjauan bagaimana kelurahan lain meniru dan mengimplementasikan program yang sudah dijadwalkan yang merujuk pada KBA Cengkeh Turi” ,ujar HM Idaham.

Kurang lebih tiga tahun sejak Kelurahan Cengkeh Turi dibina PT.Astra Internasional, kelurahan yang langsung berbatasan dengan Kelurahan Cengkeh, yaitu Kelurahan Kebun Lada, Kelurahan Damai dan Kelurahan Jati Utomo, secara terang-terangan pun menyampaikan kecemburuannya kepada Lurah Cengkeh Turi, Nur Aziani. “Bisalah Kelurahan Cengkeh Turi dengan status KBA, maju lah pula. Kami pun kalau masuk KBA bisa maju seperti kalian”, sentil lurah lain seperti dituturkan Nur Aziani.

Menurut Lurah Cengkeh Turi, secara bertahap kelurahan lain pun sudah meniru pencapaian Lingkungan VI Kelurahan Cengkeh Turi Binjai. Misalnya bagaimana membuat apotik hidup, bagaimana mencari pasar dan menjual produk-produk UKM, bagaimana menjaga lingkungan hidup yang asri, bagaimana sarana dan prasarana pendidikan terawat dan tetap terjaga, termasuk menyelenggarakan pendidikan yang baik. Sebanyak 11 lingkungan lain yang berada dibawah otoritas Kelurahan Cengkeh Turi, diinstruksikan mencontoh kondisi nyata di Lingkungan VI.

“Catur Dharma Astra yang menjadi pedoman Astra berbisnis benar-benar mereka wujudkan di lapangan. Menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara, Astra menjadi perusahaan yang membawa manfaat bagi kami dan sejumlah tempat lainnya di Indonesia. Astra komit memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, makanya produk mereka laris terjual.Menghargai individu dan membina kerjasama, Astra membina kerjasama dengan banyak pihak untuk menumbuhkembangkan kemandirian rakyat. Astra pun senantiasa berusaha mencapai yang terbaik, makanya Astra menjadi yang terbaik bagi seluruh bisnis yang mereka geluri selama ini”,ujar Lurah Cengkeh Turi, Nur Aziani.

Penasaran akan kecemburuan kelurahan lainnya, penulis pun meninjau SD Negeri di Lingkungan VI Kelurahan Cengkeh. Benar saja, halaman sekolah terawat, asri dengan sejumlah pohon, ada perpustakaan, memiliki peralatan drum band. Nurhalimah selaku kepala sekolah menyampaikan terimakasih kepada manajemen Astra, atas bantuan pembenahan secara fisik, terutama pemberian beasiswa kepada 12 siswa hingga ke perguruan tinggi.

“Bukan hanya guru-guru sekolah lain yang iri, kepala sekolah yang lain juga iri. Mereka bilang beruntunglah kami dibina Astra. Seluruh orangtua gembira karena kondisi sekolah kami sekarang ini layaknya sekolah swasta yang maju”,ujar Nurhalimah SPd.

Melangkah ke Posyandu yang tidak jauh dari SD, dijelaskan bahwa timbangan bayi dan sejumlah kursi serta buku-buku kesehatan balita, buku kesehatan ibu dan anak, lemari penyimpanan obat adalah bantuan Astra. Wajah senyum para ibu yang kebetulan mendatangi Posyandu menyambut kedatangan penulis. Mereka pun menceritakan betapa kumuhnya dulu Posyandu tersebut sebelum dibina Astra.

Kebersihan lingkungan juga tak luput dari pengamatan penulis. Apotik hidup yang tertata dengan baik mendukung kesehatan warga, paret-paret saluran air tanpa timbunan sampah, udara yang sejuk dengan pepohonan rindang menambah keasrian Lingkungan VI Kelurahan Cengkeh Turi Binjai.

Sektor UKM yang diharapkan menunjang kemandirian warga, ternyata tak luput mendapat perhatian Astra. Sejumlah produk UKM setempat seperti sarung bantal, tempat air mineral, tempat tisu telah dua kali mengikuti Penang Fair dibawa tim Astra ke Malaysia. Sejumlah perajin mendapat wawasan tentang daya saing produk, betapa pentingnya menjaga kualitas, pentingnya pengayaan motif untuk menarik minat pembeli.

Di sektor sosial, Astra memberikan bantuan ke Pengurus Panti Jompo milik Pemko Binjai yang berada di Lingkungan VI Kelurahan Cengkeh Turi, membantu renovasi masjid, membantu renovasi pesantren dan pengecatan gapura.

Ditanya sejarah Lingkungan VI  Kelurahan Cengkeh Turi dijadikan KBA, menurut Tri Suci Aryanti proses pemilihan lingkungan mereka cukup alot. Kurang lebih enam bulan, tim dari Astra yang diketuai Branch Manager  Toyota Astra Finance Medan
sekaligus ketua  KBA Cengkeh Turi, Petrosio Browsky bolak balik mengajukan sejumlah pertanyaan.

Menurut Tri Suci Arianty, Astra tidak mungkin membantu selamanya, justru program ini membantu supaya daerah yang bersangkutan seperti Cengkeh Turi bisa mandiri. Tidak mungkin juga Astra membantu seluruh lingkungan bahkan seluruh kelurahan. “Namun program pembinaan Astra sudah sangat membantu kami menuju kemandirian. Kemandirian ini yang saat ini banyak ditiru lingkungan lain di kelurahan ini, bahkan dari sejumlah kelurahan lain”,pungkasnya.

Memang tidak mungkin Astra menetapkan semua kelurahan di Indonesia menjadi Kampung Berseri Astra, tetapi dengan menetapkan satu daerah di masing-masing provinsi di 34 provinsi di Indonesia menjadi Kampung Berseri Astra hingga akhir tahun 2018, cukup menjadi contoh, cukup menjadi multiplier effect, menjadi inspirasi bagi daerah di sekitarnya. Dan sangat kita sambut positif, bila selanjutnya pemerintah setempat menjadikan Kampung Berseri Astra sebagai role model pembangunan daerah lainnya.

Salah satu Catur Dharma Astra yang menjadi pedoman Astra berbisnis, yaitu menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara, diwujudnyatakan di Kampung Berseri Astra Cengkeh Turi Kota Binjai Sumatera Utara. Upaya Astra mendorong kemandirian warga di Lingkungan VI Kelurahan Cengkeh Turi melalui bantuan materi dan moril, menunjukkan betapa bermanfaatnya Astra bagi masyarakat.

Kurang lebih 3 tahun perjalanan Astra terlibat dan berpartisipasi mendorong kemandirian warga Lingkungan VI Cengkeh Turi, telah menjadi inspirasi bagi Pemko Binjai untuk membangun kelurahan dan lingkungan lainnya, telah menjadi  inspirasi bagi kelurahan lain di Kota Binjai untuk membangun kelurahan mereka, telah menjadi inspirasi bagi warga lingkungan lainnya di Kelurahan Cengkeh Turi itu sendiri.

Dua tahun lagi perjalanan Kampung Berseri Astra di Lingkungan VI Kelurahan Cengkeh Turi Binjai, tentu akan banyak lagi pencapaian yang akan diwujudkan. Maka saya meyakini Kampung Berseri Astra Cengkeh Turi Binjai akan mampu menginspirasi wilayah lainnya di Sumatera Utara. Arus informasi yang demikian cepat di era saat ini, menjadikan Cengkeh Turi jadi inspirasi bagi wilayah lain di Sumatera Utara.

Ketika pencanangan IAABL di Kampung Berseri Astra Cengkeh Turi, wajah warga lingkungan tersebut  sangat berseri, begitu juga kampungnya secara keseluruhan.
Lingkungan yang bersih, hijau dan dihuni oleh masyarakat yang sehat, cerdas dan produktif yang mencerminkan empat pilar CSR Astra, yakni Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan.(Mangasi Butarbutar)

Check Also

Suami Bunuh Istri dan Bakar Rumah, Bupati Samosir Bantu Biaya Pendidikan 8 Anak Pittauli Boru Girsang

KampusMedan – Samosir, Bupati Samosir Rapidin Simbolon, mengunjungi anak – anak korban yang mengalami musibah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *