Rabu , 25 April 2018
Home / Kampus / SMAN I Kabanjahe, Sekolah Paling Jujur di Indonesia
Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Karo, Drs Saroha Ginting MPd, menyerahkan piagam penghargaan sekolah berintegritas kepada Kepala SMAN 1 Kabanjahe, Drs Dasly Sembiring MPd, disaksikan sejumlah kepsek SMAN/SMK Negeri se Kabupaten Karo.

SMAN I Kabanjahe, Sekolah Paling Jujur di Indonesia

KampusMedan – Kabanjahe, SMAN 1 Kabanjahe Kabupaten Karo raih penghargaan sebagai sekolah berintegritas se-Indonesia dalam menyelenggarakan Ujian Nasional (UN) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI), dengan nilai tertinggi IIUN 98,05.

 Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Karo, Drs Saroha Ginting MPd, menyerahkan piagam penghargaan sekolah berintegritas  kepada Kepala SMAN 1 Kabanjahe, Drs Dasly Sembiring MPd, disaksikan sejumlah kepsek SMAN/SMK Negeri se Kabupaten Karo.

Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Karo, Drs Saroha Ginting MPd, menyerahkan piagam penghargaan sekolah berintegritas
kepada Kepala SMAN 1 Kabanjahe, Drs Dasly Sembiring MPd, disaksikan sejumlah kepsek SMAN/SMK Negeri se Kabupaten Karo.

Prestasi luar biasa ini tidak lepas dari keberhasilan SMAN 1 Kabanjahe dalam mengintegritaskan nilai-nilai kejujuran dalam proses pembelajaran sampai tahap evaluasi.SMAN 1 Kabanjahe menjadi satu-satunya sekolah di Kabupaten Karo yang mendapatkan penghargaan sekolah berintegritas dalam penyelenggaraan UN tahun 2015.

Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Karo, Drs Saroha Ginting MPd, mengatakan bahwa predikat sekolah berintegritas dalam penyelenggaraan UN dipantau sejak tiga tahun terakhir. Terlihat bahwa selama melaksanakan UN, di SMAN 1 Kabanjahe tidak pernah ada temuan indikasi kecurangan, sehingga tim pemantau meyakini SMAN 1 Kabanjahe tetap berintegritas mempertahankan kejujuran dan akhirnya sukses menyelenggarakan UN dengan baik.

“Pemantauan dari tim dilakukan dari tahun 2013 sampai 2015. Indikatornya bukan hanya mengembangkan kepintaran saja, tapi mengembangkan karakter, di antaranya karakter jujur dan sopan santun,” ujarnya saat tampil sebagai pembina upacara dihalaman sekolah tersebut, Senin (28/3),

“Terbentuknya integritas dalam pelaksanaan UN tidak bisa dilakukan secara instan, butuh kejujuran dan kerja keras. Pasalnya, nilai-nilai tersebut ditanamkan sejak siswa baru menempuh pendidikan di SMAN 1 Kabanjahe,” jelas Saroha Ginting.

Dia juga memberi apresiasi kepada SMAN 1 Kabanjahe yang berpegang teguh pada nilai-nilai kejujuran sehingga berhasil meraih predikat sekolah paling jujur yang menyelenggaraan UN di Kabupaten Karo.

“Saya merasa bersyukur karena prestasi ini merupakan buah dari kejujuran semua warga sekolah ini. Mulai dari para siswa peserta UN serta panitia penyelenggara termasuk ibu dan bapak guru semua telah memegang teguh nilai-nilai kejujuran. Ini bukti dan sekaligus kebanggaan tersendiri bahwa hasil dari kejujuran tersebut, sekolah kita mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari pemerintah,” katanya.

“Mudah-mudahan dengan adanya penghargaan ini dapat menjadi ujung tombak dan motivasi lahirnya sekolah-sekolah di Kabupaten Karo yang membudayakan sikap jujur di lingkungannya, sehingga integritas kejujuran dapat dengan mudah diwujudkan,” terang Saroha

Turut hadir, Kepala SMA/SMK Negeri di Kabupaten Karo diantaranya Kepsek SMA Negeri 2 Kabanjahe Bastaria Sinulingga, Kepsek SMK 1 Berastagi Kliwon Sembiring, Kepsek SMA Negeri Tiga Panah B Sitepu, Ketua Komite SMA Negeri 1 Kabanjahe Thomas Tarigan, Kabid Dikmen Drs Abdi Muham Sembiring.

Hal senada diungkapkan Kepala SMAN 1 Kabanjahe, Drs Dasly Sembiring MPd. “Penghargaan ini membuat kami semakin terpacu untuk berinovasi meningkatkan mutu pendidikan, bukan hanya prestasi akademik, tetapi juga pendidikan karakter anak didik,” tuturnya.

Dikatakannya bahwa, “keberhasilan sekolahnya meraih penghargaan tertinggi kejujuran mengkuti ujian itu tidak terlepas dari peran jerih payah para guru termasuk peran Drs Saroha Ginting MPd selaku Kadis Diknas yang selalu memberikan arahan-arahan kepada sekolah-sekolah khususnya SMA Negeri 1 Kabanjahe,” ujar Dasly. (RED/MKM)

Check Also

USM Gelar Seminar Memanfaatkan Peluang Bagi Profesi Informasi

KampusMedan – Medan, Berbagai bidang profesi ke depan akan sangat bergantung dengan dunia digital teknologi, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *